Alasan Sterilisasi, Besok Pasar Lawang Tutup Sehari | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Alasan Sterilisasi, Besok Pasar Lawang Tutup Sehari

Alasan Sterilisasi, Besok Pasar Lawang Tutup Sehari Pasar Lawang akan tutup sehari untuk sterilisasi.(ipunk)

Klikapa.com – Hari Jumat (19/6/2020), Pemkab Malang akan menurut sementara Pasar  Lawang selama sehari. Penutupan ini untuk sterilisasi area. Karena Pasar ini terindikasi menjadi salah satu pusat penyebaran Covid-19. 


Camat Lawang Mumuk Hadi Hartono menyampaikan, penutupan Pasar Lawang berdasarkan musyawarah bersama dengan para pedagang. Mereka menginginkan penutupan satu hari untuk sterilisasi area pasar. 


“Jumat besok Pasar Lawang libur,” kata Mumuk, sapaan akrabnya, Kamis (18/6/2020). 


Dijelaskannya, penutupan sementara ini dimanfaatkan pedagang untuk pembersihan area pasar. Kemudian dibantu dari Tim Gugus Tugas Covid-19 kabupaten Malang, melakukan sterilisasi dengan penyemprotan disinfektan. 

“Semuanya bahu membahu untuk menjaga kebersihan pasar. Penyemprotan disinfektan di seluruh area pasar juga sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Corona,” jelasnya. 


Selain itu, Pasar Lawang ke depan akan menerapkan sistem ganjil genap selama Pengetatan Sosial Berskala Mandiri (PSSM). 


Terpisah, Kepala Disperindag Kabupaten Malang Agung Purwanto setuju libur satu hari untuk sterilisasi area pasar. Selain itu ia juga akan melengkapi sarana prasarana yang mendukung protokol kesehatan. 

Di antaranya penyediaan tempat cuci tangan permanen, pengenaan masker, dan physical distancing seperti misalnya penerapan satu pintu masuk dan satu pintu keluar. 


”Setiap 2 jam sekali imbauan protokol kesehatan akan diumumkan melalui pengeras suara dari kantor UPPD,” kata Agung. 


Selain petugas UPPD, nantinya juga akan dibantu petugas dari kepolisian, TNI dan Satpol PP. Semua ikut dalam rangka menyadarkan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.(mp4/agp)
 


BERITA TERKAIT