Gugus Tugas Covid-19 Imbau 654 Pasien Sembuh dari Corona di Jatim Sumbang Plasma Darahnya | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Gugus Tugas Covid-19 Imbau 654 Pasien Sembuh dari Corona di Jatim Sumbang Plasma Darahnya

  • 02-06-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :4824
Gugus Tugas Covid-19 Imbau 654 Pasien Sembuh dari Corona di Jatim Sumbang Plasma Darahnya Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo.(ist)

Klikapa.com -Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo meminta kesediaan 654 pasien positif Corona asal Jawa Timur yang sudah sembuh untuk menyumbangkan plasma darahnya. Itu akan dipakai untuk perawatan pasien positif lainnya yang dalam kondisi berat atau sedang dengan metode plasma convalescent.

“Hari ini kami dapatkan catatan sudah ada 654 pasien positif yang sembuh. Kami mengimbau pasien positif yang sudah sembuh ini untuk bersedia menyumbangkan plasmanya darah yang diambil dari sebuah sistem dengan metode plasma convalescent,” kata Doni di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Jawa Timur, Selasa (2/6/2020).

Doni menjelaskan berdasarkan pengalaman sebelumnya, beberapa pasien positif corona yang sembuh total setelah menjalani terapi plasma convalescent. 

Doni yang datang ke Jatim bersamanya Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, khusus untuk menyerahkan plasma darah pasien sembuh sebanyak 21 pak. 

“Jadi, ini saya kira gagasan dan terobosan luar biasa dari Kementerian Kesehatan.”

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana itu juga menjelaskan, dukungan kepada Pemprov Jatim untuk menekan angka kasus corona di provinsi ini akan terus diberikan Gugas Covid-19 pusat.

“Data yang kami terima, bantuan yang sudah diberikan ke Pemprov Jatim, yaitu mesin PCR, RMA PCR, dan CTM sebanyak 122 ribu lebih. Sejak kita datangkan reagen dari beberapa negara, Jawa Timur kontribusi yang besar,” ujarnya.

Gugas Covid-19 pusat juga menambah bantuan lagi, yaitu reagen PCR sebanyak 30 ribu, RMA PCR sebanyak 34 ribu, dan CTM sebanyak 50 ribu, tiga unit mesin PCR yang sudah dipakai di beberapa rumah sakit, dan 25 ribu antigen yang sudah disalurkan. 

Ada juga lima unit ventilator dan akan ditambah lagi 10 unit, dua unit mobil PCR yang kini dioperasikan di Surabaya, dan beberapa bantuan lainnya.

Setelah di Grahadi, Doni dan Terawan kemudian meninjau RS Darurat yang berada di Jalan Indrapura Surabaya. 

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan


BERITA TERKAIT