Sukses Proyek SpaceX-NASA, Dua Astronaut Telah Menempel di Stasiun Ruang Angkasa | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Sukses Proyek SpaceX-NASA, Dua Astronaut Telah Menempel di Stasiun Ruang Angkasa

  • 01-06-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :11121
Sukses Proyek SpaceX-NASA, Dua Astronaut Telah Menempel di Stasiun Ruang Angkasa

Klikapa.com -Proyek SpaceX-NASA telah berhasil ke luar angkasa setelah diluncurkan dari Florida, Amerika Serikat pada Sabtu (30/5) waktu setempat. Saat ini kapsul Crew Dragon milik SpaceX yang membawa dua astronaut NASA itu tiba dan menempel atau mengait dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Mengutip Gizmodo, Senin (1/6), dua astronaut NASA, Bob Behnken dan Doug Hurley mendapat sambutan hanya di ISS proses pengaitan (docking) yang sukses. Hurley mengatakan kepada para pejabat NASA di bumi bahwa ia sangat bahagia terkait kinerja pesawat ruang angkasa SpaceX.

Kejadian ini sekaligus menandai berakhirnya ketergantungan AS pada negara-negara asing untuk penerbangan luar angkasa. Seperti diketahui, ini proyek pertama di luar angkasa oleh NASA setelah proyek Space Shuttle dihentikan pada 2011 silam.

Namun, peristiwa bersejarah itu dicederai oleh komentar Presiden AS Donald Trump. Dengan gaya bicara khasanya, ia memanfaatkan peluncuran tersebut untuk menghidupkan dogma kuno 'Amerika First' untuk era perang dingin 2020.

Spectators watch from a bridge in Titusville, Fla. as SpaceX Falcon 9 lifts off with NASA astronauts Doug Hurley and Bob Behnken in the Dragon crew capsule, Saturday, May 30, 2020 from the Kennedy Space Center at Cape Canaveral, Fla. The two astronauts are on the SpaceX test flight to the International Space Station. For the first time in nearly a decade, astronauts blasted towards orbit aboard an American rocket from American soil, a first for a private company. (AP Photo/Charlie Riedel)

"Kami akan segera mendarat di Mars dan kami akan segera memiliki senjata terbesar yang pernah dibayangkan dalam sejarah," kata Trump.

"Di tahun-tahun mendatang, Amerika akan menjadi lebih besar, lebih berani, lebih jauh, lebih cepat, dan Amerika akan menjadi yang pertama. Amerika akan selalu menjadi yang pertama," imbuhnya.

Tak ada seorang pun yang menolak jika peluncuran itu


BERITA TERKAIT