PSBB Kabupaten Malang, Jumlah PDP ODP Corona malah Cenderung Naik | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

PSBB Kabupaten Malang, Jumlah PDP ODP Corona malah Cenderung Naik

PSBB Kabupaten Malang, Jumlah PDP ODP Corona malah Cenderung Naik Petugas di pos check point saat memeriksa identitas pengendara motor di wilayah Pendem, Kabupten Malang.

Klikapa.com -Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Malang Raya sampai hari ke 5 belum menunjukkan perkembangan membaik. Kecenderungannya pasien rentan Corona malah bertambah di Kabupaten Malang. 


Saat hari pertama PSBB pada 17 Mei lalu, terdapat 420 kasus ODP. Tapi Kamis (21/5) kemarin naik hingga 444 kasus. Kasus PDP bertambah sembilan sejak 17-21 Mei. Yakni dari 250 kasus menjadi 259 kasus PDP.

 
Grafik harian, peningkatan jumlah kasus ODP. Jika pada 20 Mei 2020 lalu kenaikan kasus ODP diangka 1-3 kasus per hari atau tercatat 426 kasus. Kamis (21/5/2020) bertamabah 18 kasus dan menjadi 444 kasus.  


Begitu juga dengan PDP. Ada penambahan dua kasus sehari. Awal PSBB PDP di Kabupaten Malang sebanyak 250 kasus. Ada penambahan satu dua kasus per hari. Namun Kamis (21/5) terdapat empat kasus baru. Saat ini total PDP mencapai 59 kasus. 


Kepala Dinkes Kabupaten Malang, drg Arbani Mukti Wibowo segera melakukan melakukan evaluasi. 


“Karena saat start PSBB, penekanan kami justru pada kasus ODP dan PDP. Diharapkan dengan PSBB, ODP dan PDP tak mengalami kenaikan, “ kata Arbani. 


Mantan Direktur RSUD Lawang ini menambahkan, kasus ODR juga bertambah. ODR merupakan warga yang memiliki risiko terpapar Covid-19. Mereka bisa dari luar Malang dalam kawasan Indonesia maupun dari luar negeri zona merah. 


“Ini juga menjadi bahan evaluasi kami. Jika sampai tujuh hari pelaksanaan PSBB jumlah ODR dan OTG masih bertambah, maka penerapan PSBB harus betul-betul diperketat,” tegasnya. 
 


BERITA TERKAIT