Polres Malang: Takbir Keliling di Jalan Raya Langsung Ditindak | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Polres Malang: Takbir Keliling di Jalan Raya Langsung Ditindak

  • 21-05-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :492
Polres Malang: Takbir Keliling di Jalan Raya Langsung Ditindak ilustrasi.(ist)

Klikapa.com  – Polres Malang menegaskan masyarakat dilarang melakukan takbir keliling di jalanan dan tempat umum. Kabag Ops Polres Malang Kompol Anang Tri Hananta mengatakan jika ada yang membandel, akan dihentikan dan ditindak.


“Kami akan lakukan patroli dan menghentikan setiap kendaraan yang berkonvoi di malam takbiran,” ujar Anang, Kamis  (21/5/2020). 


Menurut mantan Kapolsekta Sukun Kota Malang ini, masyarakat diminta untuk merayakan malam takbir di kampung masing-masing dan tidak sampai keluar wilayah.


Selain berbahaya konvoi malam takbir tidak sejalan dengan protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah di PSBB Malang Raya. Karenanya, Anang menegaskan setiap kendaraan konvoi yang melanggar aturan lalu lintas akan langsung ditilang dan ditindak petugas. Selain melakukan patroli dan operasi di malam takbiran, Polres Malang memiliki kiat lain.


Tim Polres Malang akan menggandeng MUI Kabupaten Malang untuk memberi tausiah serta teguran kepada masyarakat yang masih nekat konvoi di jalan saat malam takbiran. 


“Kami akan menggandeng MUI. Nanti yang pertama menegur MUI, kami mendukung sebagai tim patroli dan pengamanan,” ujar Anang.


Tim patroli penindakan dan penghentian kendaraan yang melanggar aturan lalu lintas dengan berkonvoi saat malam takbir, akan bergerak di seluruh wilayah Kabupaten Malang. Kapolres Malang telah menginstruksikan seluruh jajaran Polsek untuk waspada pada malam takbiran Sabtu (23/5) besok.


“Kami sudah menerima instruksi untuk mewaspadai pelaksanaan perayaan malam takbiran H-1 sebelum idul fitri. Tahun ini berbeda dengan tahun lalu, karena selain ada larangan konvoi, ada pula larangan berkumpul karena pelaksanaan PSBB Malang Raya,” tandas perwira polisi dengan pangkat satu melati emas di pundaknya ini.


Kapolres Malang AKBP Hendri Umar juga menegaskan bahwa imbauan memaksa kepada masyarakat untuk tidak melakukan takbir keliling. “Kalau sampai kami temukan akan kami bubarkan paksa dan memintanya pulang. Karena takbir keliling tersebut pastinya bisa mengumpulkan massa,” tegasnya.(fin/agp)


BERITA TERKAIT