Pasien PDP Kota Batu Meninggal Keluarga Sempat Menolak Pemakaman Sesuai Protap Covid-19 | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Pasien PDP Kota Batu Meninggal Keluarga Sempat Menolak Pemakaman Sesuai Protap Covid-19

  • 20-05-2020 penulis : kerisdianto
  • Editor :junaedi
  • dibaca :621
Pasien PDP Kota Batu Meninggal Keluarga Sempat Menolak Pemakaman Sesuai Protap Covid-19 ilustrasi.(ist)

Klikapa.com -Salah satu keluarga pasien dalam pengawasan (PDP)  Covid-19 di Kota Batu menolak anggota keluarganya yang meninggal dimakamkan sesuai protap Covid-19, Rabu (20/5/2020).

Hal itu terjadi di Dusun Gondorejo Desa Oro-oro Ombo Kota Batu. Salah seorang warga dusun itu meninggal dunia dengan berstatus PDP. 

"Memang tadi pagi  sempat ada penolakan pemakaman dengan protap Covid-19 dari anggota keluarga yang meninggal dengan status PDP. Namun setelah mendapatkan sosialisasi dari pihak Dinkes dan desa, keluarga akhirnya mau menuruti protap yang ada," kata Satgas Covid-19 Dinkes Kota Batu dr. Susana Indawati, Rabu (20/5/2020).

Menurutnya, penolakan keluarga pemulasaraan jenazah sesuai protap Covid-19, karena  kawatir ada diskriminasi atau perundungan dari masyarakat.  Namun Susana merasa bersyukur karena keluarga akhirnya memahami.

Sementara Kepala Desa Oro-oro Ombo, Wiweko, mengakui jika,  keluarga pasien PDP berusia 57 tahun yang meninggal itu menolak dimakamkan dengan protap Covid-19. Penyebabnya kelaurga khawatir jika dipandang miring masyarakat.

"Kami minta kedepan jangan ada diskirminasi. Sebaiknya semuanya harus memberi dukungan moral bagi yang terdampak," harapnya.

Sementara itu dari laporan medis, pada hari Selasa (19/5) sekitar pukul 21.00 WIB pasien PDP tersebut datang ke RS Hasta Brata Batu dengan kondisi sakit  pneumonia. Setelah di lakukan perawatan kondisi pasien terus memburuk hingga pada Rabu (20/5) sekira pukul 01.40 WIB  pasien meninggal dunia. (eri)


BERITA TERKAIT