Catat. PPDB SMP Malang Dimulai dari Jalur Prestasi. Ini Syarat Terbaru | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Catat. PPDB SMP Malang Dimulai dari Jalur Prestasi. Ini Syarat Terbaru

Catat. PPDB SMP Malang Dimulai dari Jalur Prestasi. Ini Syarat Terbaru ilustrasi.(ist)

Klikapa.com -Proses pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) lewat jalur prestasi mulai dibuka 10 Mei hingga 14 Mei 2020. Sedangkan pendaftaran PPDB jalur afirmasi, zonasi dan perpindahan orangtua dilaksanakan setelah pendaftaran jalur prestasi selesai dilakukan. 

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang Zubaidah menuturkan, sesuai jadwal yang dibuat, pihaknya mendahulukan pendaftaran bagi siswa jalur prestasi. PPDB jalur prestasi tahun ini tidak hanya memakai prestasi dari sertifikat atau piagam, namun siswa boleh menggunakan nilai rapor. 

"Ini bedanya dari tahun lalu, yang hanya bisa menggunakan sertifikat akademik maupun non akademik sekarang akan ditambah dengan nilai rapor," jelas Zubaidah, Senin (11/5/2020). 

Dia menambahkan, untuk nilai rapor minimal  harus 85 sedangkan untuk nilai sikap  perilaku minimal harus Baik kemudian akan  diranking.

"Prosesnya nanti tidak hanya terpacu pada nilai itu. Akan tetapi tetap diranking sesuai kuota di sekolah itu sendiri sebanyak 30 persen," jelasnya.

Sementara itu, bagi pendaftaran jalur prestasi rapor yakni harus ada surat keterangan dari SD yang telah menyatakan telah menyelesaikan kelas 6. Surat keterangan tersebut harus menyatakan bahwa siswa memiliki rata-rata nilai rapor di atas 85,00. 

“Nilai rata-rata rapor kelas 4 dan kelas 5 semester 1 dan 2 serta kelas 6 semester 1 adalah 85,00 ke atas. Nilai KI-1 dan KI-2 nilai sikap perilaku minimal B,” lanjutnya. 

Selain itu, untuk jalur prestasi lomba juga harus menggunakan surat keterangan dari SD yang telah menyatakan telah menyelesaikan kelas 6. Surat keterangan tersebut juga harus terlampir sertifikat, piagam kejuaraan yang diikuti seperti kejuaraan, lomba, kompetisi, maupun kejuaraan olimpiade. 

“Surat keterangan dari SD bahwa siswanya benar-benar mengikuti kejuaraan dan mendapatkan prestasi sesuai dengan sertifikat atau piagam yang dimiliki,” ujarnya. 

Selain mempersiapkan dokumen-dokumen di atas, calon peserta didik juga perlu mempersiapkan Kartu Keluarga. Dokumen kependudukan Kartu Keluarga menjadi salah satu syarat wajib pelaksanaan proses PPDB


BERITA TERKAIT