Tanpa Serimonial, Seksi 5 Jalan Tol Pandaan - Malang Beroperasi | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Tanpa Serimonial, Seksi 5 Jalan Tol Pandaan - Malang Beroperasi

  • 08-04-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :3342
Tanpa Serimonial,  Seksi 5 Jalan Tol Pandaan - Malang Beroperasi Gerbang tol Malang Kota yang merupakan bagian terakhir jalan tol Pandaan Malang.

Klikapa.com -Tanpa serimonial,  PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) resmi mengoperasikan seksi 5 Jalan Tol Pandaan Malang, Selasa, 7 April 2020 pukul 22.00 WIB. Setelah molor 16 jam dari jadwal semula yang akan dibuka jam 06.00 WIB karena kendala di gerbang tol otomatis (GTO).


Pengoperasian ruas tol  ini diberlakukan tanpa tarif selama 14 hari hingga 21 April mendatang. Ini dilakukan sebagai bentuk sosialisasi, khususnya bagi masyarakat di sekitar Surabaya dan Malang.


“Kami memastikan seksi 1 hingga seksi 5 Jalan Tol Pandaan-Malang telah beroperasi penuh. Seksi Pakis-Malang merupakan seksi terakhir dari Jalan Tol Pandaan-Malang yang memiliki lima seksi sepanjang 38,48 kilometer. Selain itu masa sosialisasi yang sebelumnya hanya satu minggu akan diperpanjang hingga 14 hari,” kata Direktur Utama PT JPM Agus Purnomo, Rabu (8/4/2020).


Selama masa uji coba pengoperasian Seksi 5 Pakis-Malang, pengguna jalan tol hanya dari pintu tol Madyopuro dan Pakis yang gratis.

 

Pengguna yang masuk dari Gerbang Tol (GT) Pandaan, Purwodadi, Lawang, atau Singosari menuju Malang tetap bayar sampai dengan GT Pakis sesuai golongan kendaraan dan asal gerbang.


“Jadi untuk kendaraan dari GT Malang ke Singosari, Lawang, Purwodadi atau Pandaan, di gerbang tol keluar tetap wajib membayar tarif tol yang diperhitungkan dari GT Pakis sesuai golongan kendaraan. Sehingga tarif Rp 0 hanya berlaku untuk perjalanan Pakis-Malang dan sebaliknya,” terang Agus.


Sebelumnya, pada 13 Mei 2019 lalu dioperasikan Seksi I sampai III dan kemudian dilanjutkan pengoperasian Seksi IV pada tanggal 1 November 2019. 


Jalan Tol Pandaan Malang terbagi ke dalam 5 seksi, yakni Seksi I Pandaan-Purwodadi sepanjang 15,47 kilometer. Seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 kilometer, Seksi III Lawang-Singosari sepanjang 7,10 kilometer, Seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4,75 kilometer, dan Seksi V Pakis-Malang sepanjang 3,11 kilometer. (mp4/aim)


BERITA TERKAIT