Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Batu Sumbangkan Gaji Pokok Tiga Bulan untuk Pasien Corona | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Batu Sumbangkan Gaji Pokok Tiga Bulan untuk Pasien Corona

  • 06-04-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :780
Wali Kota Dan Wakil Wali Kota Batu Sumbangkan Gaji Pokok Tiga Bulan untuk Pasien Corona Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Wakilnya Punjul Santoso (kanan).

Klikapa.com  -Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Wakilnya Punjul Santoso berikan gaji pokoknya kepada kepada warga terdampak virus corona atau covid-19. Bantuan itu akan berlangsung selama tiga bulan berturut-turut.

Wali Kota Dewanti Rumpoko mengatakan hal itu usai mengikuti Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kota Batu, di Balai Kota Among Tani, Senin (6/4/2020). 


Karena itu, Dewanti mengajak ASN di lingkungan Pemkot Batu juga menyisihkan gaji untuk warga terdampak virus Corona. 


"Saya bersama Pak Wawali, juga akan menyerahkan gaji pokok tiap bulan ke depan untuk pencegahan Covid-19," kata Dewanti. 

Untuk diketahui, gaji pokok yang akan disumbangkan Wali Kota Batu senilai Rp 6,3 juta per bulan. Sedangkan gaji Wawali Kota Batu sejumlah Rp 5,3 juta. 

Sementara Kepala BKPSDM Kota Batu, Siswanto menyebutkan pihaknya juga sudah mengimbau ASN di Kota Apel ini agar menyisihkan gaji untuk berpartisipasi dalam pencegahan Covid-19. 


Siswanto menyebut, sumbangan itu tidak wajib, namun sebagai bentuk empati terhadap masyarakat akibat pandemi Covid-19.


"Memang ini tidak wajib. Tapi secara moral dikembalikan ke masing-masing ASN," imbuhnya.


Mantan Kepala Diskominfo Kota Batu ini menyampaikan jumlah ASN di Kota Batu sekitar 2.200 orang. Jumlah tersebut belum termasuk tenaga guru. Untuk besarannya, JPT atau eselon II menyisihkan Rp 1 juta, administrator atau eselon III senilai Rp 500 ribu, pengawas atau eselon IV Rp 300 ribu, dan JFT/JFU atau staf menyisihkan Rp 200 ribu. 


Dalam penanganan Covid-19, berbagai aksi telah dilakukan oleh Pemkot Batu, legislatif, organisasi masyarakat dan warga. Mulai dari penyemprotan disinfektan, imbauan, sosialisasi, bantuan APD, hingga menerapkan psysical distancing.


Dewanti juga menyampaikan jika penanganan pandemi Covid-19 ini dilakukan semua warga. Mulai bantuan alat pelindung diri (APD) dan juga penyemprotan disinfektan secara mandiri.Aksi warga Kota Batu itu mendapat apresiasi  wali kota perempuan pertama di Kota Batu ini. (eri/van)  


BERITA TERKAIT