Sepakat Terapkan PSBB, Pimpinan Malang Raya Bagi Tugas Skat Kota di Tiga Wilayahnya | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Sepakat Terapkan PSBB, Pimpinan Malang Raya Bagi Tugas Skat Kota di Tiga Wilayahnya

  • 01-04-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :552
Sepakat Terapkan PSBB, Pimpinan Malang Raya Bagi Tugas Skat Kota di Tiga Wilayahnya Rapat Tiga Kepala daerah Malang Raya, sepakati penerapan PSBB.

Klikapa.com -Tiga kepala daerah di Malang Raya, Kota dan Kabupaten Malang plus Kota Batu sepakati penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) secara bersama. 


Kesepakatan itu dicapai setelah mengadakan rapat koordinasi tiga kepala daerah itu di Pringgitan Pendopo Agung Pemkab Malang di Jalan Agus Salim Kota Malang, Rabu (1/4/2020). Hadir dalam rapat itu, Wali Kota Malang Sutiaji, Bupati Malang HM Sanusi dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko serta pimpinan unsur Polri dan TNI di Malang Raya. 

“Kami (tiga kepala daerah) sepakat PSBB diterapkan bersama di Malang Raya. Untuk teknis pembatasannya akan dirumuskan  oleh sekda (sekda tiga daerah) dibantu Polri dan TNI,” jelas Bupati Malang, Sanusi. 


Namun, ia juga menyebutkan, kebijakan itu tak langsung bisa diterapkan lantaran harus laporkan ke Pemprov Jatim.


Untuk diketahui, jika diterapkan maka PSBB ini hampir sama dengan pembatasan wilayah berskala besar. Yakni Malang Raya. Pembatasan akses wilayah Malang Raya praktis akan dilakukan. 


Rapat bersama bersama Forkopimda itu menurut Sanusi terkait penanganan Covid -19. Tapi tetap mengacu pada pemerintah pusat akan menerapkan PSBB. Kini juga menunggu petunjuk teknis (juknis) pelaksanaan PSBB. 


“Jadi saat nanti diterapkan, sudah tidak bingung lagi. Bisa langsung jalan,’’ tambahnya. 


Salah satu langkah teknis yang sudah disepakati yakni penanggung jawab wilayah perbatasan jika pembatasan akses diberlakukan. 


Wilayah Malang Utara (perbatasan Lawang-Pasuruan) menjadi kewenangan Pemkot Malang. Sedangkan Pemkot Batu bertanggungjawab terhadap pembatasan akses di Malang Barat. Yakni perbatasan Malang di  Kasembon. 


Khusus wilayah Malang Timur  dan Selatan yakni perbatasan dengan Lumajang kewenangan Pemkab Malang. Penanggungjawab perbatasan itu sudah disepakati, tinggal persetujuan Pemprov Jatim. 


“Karena kita satu kesatuan, maka untuk pembatasan pun harus bersama-sama, tidak boleh sendiri-sendiri,’’ kata Sanusi yang diamini Wali Kota Malang Sutiaji dan Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko. 


Keduanya sepakat PSBB diterapkan dan pemnbagian


BERITA TERKAIT