Di Kabupaten Malang Masuk Pasar Wajib Cuci Tangan | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Di Kabupaten Malang Masuk Pasar Wajib Cuci Tangan

  • 29-03-2020 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :900
Di Kabupaten Malang Masuk Pasar Wajib Cuci Tangan Disedian galon air dan sabun cuci, pengunjung pasar wajib cuci tangan di Kabupaten Malang.(ist)

Klikapa.com – Dinas Perdagangan (Disperindag) mewajibkan para pedagang dan pengunjung pasar mencuci tangan lebih dulu, sebelum mereka melakukan aktifitasnya di dalam pasar. 


Tidak sekadar menyuruh, Disperindag juga menyediakan galon berisi air, lengkap dengan sabun.


Kepala Disperindag Kabupaten Malang, Agung Purwanto mengatakan, air dan sabun disiapkan Unit Pelayanan Pasar Daerah (UPPD). Sehingga pedagang dan pengunjung pasar tidak kesulitan.


“Ada petugas yang berjaga, dan mengingatkan pengunjung atau pedagang yang baru datang untuk mencuci tangan menggunakan sabun,’’ kata Agung. 


“Awalnya memang kami ingin menyediakan wastafel untuk cuci tangan. Tapi karena waktunya tidak cukup, maka yang ada saja yang digunakan,’’ tambah Agung. 


Saat program wajib cuci tangan masuk pasar ini digelar, diakuinya tidak sedikit pengunjung atau pedagang yang bandel. Dari laporan Kepala UPPD, tidak semua pengunjung atau pedagang mau mencuci tangan. 


“Tapi kami terus berusaha, untuk menggugah kesadaran pedagang maupun pengunjung. Terlebih sekarang, setelah ada virus Corona kian merebak  maka cuci tangan menjadi keniscayaan,’’ tambahnya.


Cuci tangan dipilih, karena dinyakini sangat efektif membunuh virus yang menempel di tangan. Selain itu biaya untuk menyediaan air dan sabun juga tidak mahal. 


“Tadinya ingin menyediakan hand sanitezer. Tapi karena saat ini hand sanitiser cukup mahal dan barangnya juga kosong, maka gantinya ya  air ini,’’ terangnya. (ira/udi)
 


BERITA TERKAIT