Sejumlah Masjid di Kabupaten Malang Tiadakan Salat Jumat Hari Ini | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Sejumlah Masjid di Kabupaten Malang Tiadakan Salat Jumat Hari Ini

  • 27-03-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :828
Sejumlah Masjid di Kabupaten Malang  Tiadakan Salat Jumat Hari Ini Masjid Nurul Hidayah Kepanjen, Kabupaten Malang.(ist)

Klikapa.com-Sejumlah Masjid di Kabupten Malang membatasi kegiatan salat Jumat (27/3/2020) hari ini. Kebijakan ini diambil untuk mengantisipasi darurat merebaknya coronavirus  atau covid 19.

Sejumlah Takmir masjid di Kabupaten Malang mengumumkan peniadaan Salat Jumat, dan mengimbau jamaahnya menggantinya dengan salat dluhur empat rakaat di rumah. Peniadaan ini mengacu Edaran Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang dikeluarkan sejak 24 Maret 2020 lalu.

Maklumat Edaran PP Muhammadiyah ini tentang Tuntunan Ibadah dalam Kondisi Darurat COVID-19. Selain tuntutan salat, maklumat ini juga berisi tentang beberapa hal mensikapi merebaknya virus corona, termasuk bekerja di rumah atau pasien yang terkena virus ini.

Beberapa takmir masjid yang menyatakan meniadakan Salat Jumat ini diantaranya di Masjid Nurul Hidayah Kepanjen, AR Fachruddin UMM Dau, dan Masjid KH Ahmad Dahlan Ngijo Karangploso.

Dikonfirmasi, Ketua Takmir Masjid Nurul Hidayah Kepanjen, Ustadz M Rouf membenarkan peniadaan kegiatan Salat Jumat hari ini. Melalui pengumuman yang dilakukan, pihaknya menyatakan alasan mengikuti Maklumat Edaran PP Muhammadiyah juga Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Selain di Kabupaten Malang, masjid di wilayah Kota Batu juga memastikan meniadakan kegiatan Salat Jumat untuk sementara waktu. Melalui akun IG resminya, pemkotbatu_official, Pemkot Batu mengumumkan peniadaan kegiatan Salat Jumat di Masjid Attaqwa hingga pemberitahuan lebih lanjut mengingat ancaman Covid-19.

Sementara itu, dalam surat resmi yang dikeluarkan sebelumnya, tertanggal 11 Maret 2020, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Malang mengimbau, peniadaan Salat Jumat bisa dilakukan terutama di wilayah terpapar wabah Covid 19 atau Zona Merah.

Terpisah, PC Nadlatul Ulama Kabupaten Malang mengeluarkan surat pemberitahuan tertanggal 26 Maret 2020, yang tetap memperkenankan umat Islam menunaikan ibadah salat Jumat.

"Bahwa warga NU dimohon tetap menunaikan Salat Jumat, kecuali yang masuk zona merah (terpapar Covid 19). Khutbah sebaiknya disampikan dengan singkat, dan bila perlu jamaah direnggangkan minimal 1 meter," demikian isi pemberitahuan yang disampaikan PCNU Kabupaten Malang


BERITA TERKAIT