Komnas HAM Minta Pemerintah Sanksi Masyarakat Yang Tak Indahkan Peringatan Covid-19 | Berita Terbaru Hari ini

Close

Komnas HAM Minta Pemerintah Sanksi Masyarakat Yang Tak Indahkan Peringatan Covid-19

  • 2020-03-22
  • Editor :junaedi
  • dibaca :165
Komnas HAM Minta Pemerintah Sanksi Masyarakat Yang Tak Indahkan Peringatan Covid-19 Ketua Komnas Hak Asasi Manusia (HAM), Ahmad Taufan Damanik.(ist)

Klikapa.com -Ketua Komnas Hak Asasi Manusia (HAM), Ahmad Taufan Damanik meminta pemerintah bersikap tegas kepada masyarakat yang 'bandel' tak mengindahkan imbauan pemerintah agar berdiam diri di rumah saat masa darurat penanganan virus corona Covid-19.

Hal ini disampaikan Taufan usai bertemu Ketua Gugus Tugas Covid-19 Letnan Jenderal Doni Monardo, di Gedung Graha BNPB, Jakarta, Sabtu (21/3).

"Memberikan katakan lah satu sanksi yang lebih tegas kepada warga masyarakat siapapun di republik Indonesia yang tidak mengindahkan ketentuan," kata Taufan, kepada media.

Ia menyebut sanksi tegas ini dapat diberikan kepada siapa saja yang masih melakukan kegiatan berkumpul. Sekalipun kegiatan berkumpul tersebut bagian dari kegiatan keagamaan

"Misalnya sebagai contoh untuk tidak berkumpul dalam jumlah yang banyak. Meskipun itu terkait dengan ibadah agama," kata

Taufan menyadari kegiatan berkumpul merupakan hak asasi manusia (HAM). Namun, dalam kondisi wabah virus ini masalah kesehatan yang diutamakan.

"Kesehatan masyarakat yang lebih luas. Kesehatan publik, keselamatan publik menjadi acuan yang lebih utama dibandingkan kebebasan untuk kemerdekaan yang kita miliki," ujarnya.

Tak hanya Taufan, Menko Polhukam Mahfud MD juga meminta aparat keamanan menindak warga yang masih keluyuran atau kumpul-kumpul, dalam mencegah penyebaran virus corona. 

"Aparat harus bertindak tegas terhadap mereka yang masih membuat pengumpulan atau kerumunan orang," kata Mahfud.(cnn)
 


BERITA TERKAIT