Uskup Malang: Umat Katolik Tiadakan Misa di Gereja | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Uskup Malang: Umat Katolik Tiadakan Misa di Gereja

  • 20-03-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1413
Uskup Malang: Umat Katolik Tiadakan Misa di Gereja Uskup Malang Mgr Hendricus Pidyarto Gunawan O.Carm.(ist)

Klikapa.com -Pimpinan umat Katolik Malang Uskup Msgr. Hendricus Pidyarto Gunawan O.Carm menyatakan untuk meniadakan Ekaristi Kudus di seluruh wilayah Keuskupan Malang. Surat instruksi yang diberikan kepada para Pastor dan seluruh umat itu terhitung tanggal 21 - 3 Arpil 2020.

Dalam surat Nomor 057/Uskup-KM/B1/III/2020 yang dirilis Jumat (20/3/2020) sore itu, sekaligus mengharapkan kapada Pastor atau Romo mengadakan misa privat atau bersama para Romo di komunitas Pastoran secar live streaming yang bisa diikuti umat dari rumah masing-masing.

Selain itu juga diinstruksikan untuk tetap menjaga hidup sehat dan bersih serta bertekun dalam hidup doa tanpa harus merasa panik.

Dalam surat itu juga menyebutkan pertimbangan terkait perkembangan Virus Corona atau Covid-19 yang semakin meningkat dan membuat kecemasan berbagai pihak. Surat Pemerintah Kota Malang, Satgas BNPB, Rekomendasi Komunitas Medik Katolik Malang, masukan dari pihak lain dan kesadaran akan tanggungjawab terhadap umat.

Sebelumnya berbagai spekulasi di kalangan umat Katolik akan melaksanakan misa di harian, Sabtu dan MInggu di Gereja. Pasalnya sebelum ini banyak beredar akan aturan baru menyangkut sikap doa di gereja terkait merebaknya virus corona.

Di antaranya adalah pemebatasan umat yang datang di gereja, setiap orang yang ada di gereja diberi jarang satu meter dan lebih diarahkan untuk melakukan doa secara pribadi di lingkungan keluarga masing-masing.

Lebih dari itu, sejak sepakan terakhir, di sejumlah lingkungan umat Katolik juga sudah menghilangkan semua kegiatan yang bersifat berkumpul, seperti komunitas di lingkungan yang meliputi rapat organisasi, latihan koor, Pendalaman Iman, Rekoleksi, Pembekalan Komunitas, Katekumen, Bina Sekami, Latihan petugas pekan suci dan semua kegiatan yang berkaitan dengan persiapan menyabut Tri Hari Suci, Paskah.


BERITA TERKAIT