Pemerintah Lakukan Penundaan UN di Wilayah Wabah Corona | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Pemerintah Lakukan Penundaan UN di Wilayah Wabah Corona

  • 15-03-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :819
Pemerintah Lakukan Penundaan UN di Wilayah Wabah Corona Ilustrasi ujian nasional.(ist)

Klikapa.com -Merebaknya virus corona atau covid 19, membuat pemerintah  mengkaji kemungkinannya untuk menunda pelaksanaan ujian nasional (UN) sekolah yang sedianya bakal digelar secara serempak pada Senin (16/3) besok.

Dalam siaran pers Kemendikbud Minggu (15/3/2020), menyebutkan, jika pemerintah akan mengatur khusus penundaan UB.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Totok Suprayitno, menjelaskan penundaan UN yang diatur hanyalah di daerah terdampak wabah COVID-19.

"Yang akan diatur nantinya terkait jadwal, tempat, moda pelaksanaan, bahan, dan pengolahan hasil UN," kata Totok Suprayitno di Jakarta, Sabtu (14/3/2020), merespons kebijakan Pemprov DKI.

UN sekolah menengah kejuruan (SMK) akan dilaksanakan pada 16 Maret 2020. UNBK jenjang SMA/MA akan dilaksanakan pada 30 Maret nanti. Dilanjutkan, UN untuk pendidikan kesetaraan Paket C pada 4 April mendatang. Sedangkan jenjang SMP/MTs pada 20 April serta Paket B pada 2 Mei.

Penundaan pelaksanaan Ujian Nasional dimungkinkan sesuai dengan prosedur operasional standar (POS) Ujian Nasional 2019/2020 yang diterbitkan BSNP. Jika terjadi peristiwa luar biasa yang berpotensi gagalnya pelaksanaan UN, Penyelenggara dan Panitia UN Tingkat Pusat, dalam hal ini Kemendikbud, akan siap berkoordinasi dengan pemerintah daerah terkait.

"Dalam hal ini, Pemda DKI Jakarta menyatakan wabah COVID-19 sebagai situasi berisiko tinggi setelah mempertimbangkan situasi dan kondisi terkini," ujar Totok.
 


BERITA TERKAIT