IBL Seri Tujuh di Malang Dibatalkan. Ini Alasannya | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

IBL Seri Tujuh di Malang Dibatalkan. Ini Alasannya

IBL Seri Tujuh di Malang Dibatalkan. Ini Alasannya ilustrasi.(ist)

Klikapa.com- Indonesian Basketball League (IBL) memastikan untuk menunda gelaran seri ketujuh yang akan berlangsung di GOR Bima Sakti, Kota Malang. Sama seperti saat dipindahkan ke Malang, gelaran ini ditunda karena penyebaran virus corona atau covid-19.

IBL seri 7 2020, semua dijawadkan digelar di Jakarta. Akan tetapi lantaran Pemerintah DKI telah mengeluarkan laranan kekgiatan yang bersifat massa sebagai antisipasi penyebara virus corona akhirnya, dipindahkan ke Malang.
 

Sesuai jadwal, IBL seri ketujuh digelar 13-15 Maret di GOR Bima Sakti. Semua tim juga telah siap bertanding, Jumat (13/3/2020). Tetapi  melihat perkembangan situasi terkini, semua klub pun setuju untuk kompetisi IBL dihentikan.

“Perkembangan situasi di dalam negeri, begitu juga di luar negeri, banyak hal-hal yang tak bisa dikontrol. Setelah beberapa pertimbangan, baik berbicara dengan stakeholder, seperti klub dan sponsor, kemudian kami berikan opsi-opsi, maka di series Malang ini dihentikan. Ini opsi yang paling baik dari semua opsi yang ada,” ujar Direktur IBL, Junas Miradiarsyah, Jumat (13/3/2020).


Menurut dia, penghentian IBL di seri ketujuh ini tujuan utamanya adalah keselamatan pemain, official hingga penonton. Sekalipun, sejatinya sampai seri keenam di Surabaya, keadaan terhitung aman dan terkendali.


“Alhamdulillah sampai seri enam belum ada hal yang tidak kita inginkan dan jangan sampai ada. Keputusan ini, murni mempertimbangkan keselamatan seluruh pihak-pihak yang terlibat di IBL,” ungkapnya.


Dia menjelaskan, untuk status diberhentikan IBL ini masih sementara. Menurutnya, kelanjutan kompetisi akan diputuskan sampai pemberitahuan lebih lanjut. 


“Minggu depan akan ada pertemuan dengan klub, menentukan waktu dan kompetis. Ini harus dibicarakan karena ada pemain asing dan lokal, dan kemungkinan bisa berubah. Sepertinya, pemain asing dipulangkan untuk keselamatan semua pihak,” jelas Junas.


Junas menyampaikan kronologi hingga akhirnya IBL dihentikan. Pertimbangan dan opsi itu sudah muncul sejak dua pekan lalu. Namun, keputusan tidak bisa langsung


BERITA TERKAIT