Hari Ini Dipulangkan, WNI Yang Dikarantika dari Wuhan China Mengaku Hidup Normal di Karantina | Berita Terbaru Hari ini

Close

Hari Ini Dipulangkan, WNI Yang Dikarantika dari Wuhan China Mengaku Hidup Normal di Karantina

  • 2020-02-15
  • Editor :junaedi
  • dibaca :240
Hari Ini Dipulangkan, WNI Yang Dikarantika dari Wuhan China Mengaku Hidup Normal di Karantina WNI dari Wuhan China yang merasa hidup normal selama masa karantina di Natuna.(dok.cnbc)

Klikapa.com -Pemerintah Indonesia Sabtu (15/2/2020) hari ini memulangkan ratusan WNI dari China yang telah menjalani observasi di Natuna, sejeka 14 hari lalu.

Pemerintah daerah dimana WNI itu berasal, juga menyatakan siap menerima dan mempercayakan ikhwal kesehatan mereka kepada pemerintah puat salam hal ini Depkes. Meskipun mereka ini diharapkan juga menauhi kerumunan massa dalam waktu dekat.

Lalu bagaimana sebenarnya mereka selama di tempat isolasi atau karantina itu?

Rio Alfi, salah satu WNI yang mengikuti observasi kesehatan di Natuna menyebutkan tidak ada yang aneh dalam karantina itu. Mahasiswa pascasarjana dari China University of Geoscienes ini menyebutkan keseharian mereka biasa-biasa saja.

Ia mengaku selama proses observasi hampir dua pekan seluruh WNI hidup seperti biasanya. "Ya kayak hidup sehari-hari. Makan, bangun pagi. Ibadah. Biasa aja lah," katanya seperti dilansir BBC News Indonesia, Jumat (14/02)

Rio juga mengaku selama observasi, dinas kesehatan melakukan pengecekan kesehatan seperti suhu tubuh dan tensi darah. 

"Kalau dari dinkes dua hari sekali ngecek," katanya.

Selain itu, WNI yang hampir seluruhnya adalah mahasiswa itu juga tetap belajar dengan metode online. "Yang pasti yang dari kampus itu, yang kuliah sudah mulai belajar online," kata Rio.

Saat ini Rio dalam proses sidang tesis. Kemungkinan, sidangnya akan terganggu karena wabah virus Corona.

"Jadi mungkin nanti. Nggak tahu lah bagaimana prosedurnya apakah video call buat presentasinya belum tahu juga. belum pasti," katanya.

Terkait dengan rencana pemulangan, Rio mengaku belum mendapat informasi. "Besok belum tahu lagi. Belum pasti itu," katanya.

Hal senada juga disampaikan Yuli, WNI yang telah menjalani observasi di Natuna. "Kita sendiri masih belum tahu teknis itu bagaimana, seperti apa dan akan bagaimana. Belum ada pemberitahuan lanjutan," katanya.

Namun, Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan 238 WNI asal Wuhan, China dalam kondisi sehat setelah menjalani `observasi` di Natuna, Kepulauan Riau.

Mereka rencananya akan dikembalikan ke rumah masing-masing,


BERITA TERKAIT