Hujan Deras, Kawasan Wisata Songgoriti Banjir Lumpur dan Longsor | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Hujan Deras, Kawasan Wisata Songgoriti Banjir Lumpur dan Longsor

  • 29-01-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :5049
Hujan Deras, Kawasan Wisata Songgoriti Banjir Lumpur dan Longsor Areal Hotel Arumdalu, Songgoriti yang dipenuhi lumpur.(ist)

Klikapa.com -Kawasan wisata Songgoriti, Kota Batu digelontor banjir lumpur, Rabu (29/1/2020) sore. Menyusul hujan deras di kawasan itu yang mengakibatkan jebolnya plensengan saluran irigasi dan tanah longsor.

Wilayah yang dibanjiri lumpur itu berada di wilayah Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu. Bukan saja jalan-jalan di daerah itu menjadi becek dan berlumpur. Halaman rumah warga dan beberapa hotel juga mengalami nasip yang sama.

Menurut Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana daerah ( BPBD) Kota Batu, Achmad Choirur Rochim, peristiwa itu sebagai akibat plengsengan saluran irigasi ambrol di jalan Durian RT 2 RW 2, Dusun Songgoriti, Kelurahan Songgokerto. 

“Penyebabnya karena hujan deras membuat melubernya air di saluran irigasi dan menjebolkan plengsengan saluran irigasi,” katanya kepada wartawan.

Jebolnya plengsengan saluran irigasi itu membuat air dan lumpur masuk ke rumah warga. Ada dua rumah warga yang terdampak cukup parah.

Tim BPBD Kota Batu, TNI, Polres Batu, TAGANA Kota Batu, Agen Bencana, Garda Relawan, Perangkat Desa dan warga sekitar segera bekerjasama membersihkan lumpur yang masuk ke rumah warga. 

Tak hanya itu, banjir lumpur juga terjadi di Jalan Arumdalu, sebgai akibat  beton penutup kali tengah di Dusun Songgoriti ambles. Akibatnya, aliran air  terhambat dan air naik hingga material berupa lumpur setinggi 10 centimeter menutup jalan Raya Arumdalu. Kejadian ini mengakibatkan lumpur masuk ke Hotel Arumdalu. 

Selain itu, BPBD Kota Batu juga melaporkan  terjadi tanah longsor melanda di jalan Raya Payung 3, Perbatasan Batu – Pujon. Penyebabnya juga sama, hujan deras yang mengguyur Kota Batu. 

“Menyebabkan 2 titik longsor, dan material longor meluber di jalan raya membuat jalan poros Malang - Kediri jadi licin,” ucapnya.


BERITA TERKAIT