Iran Umumkan Tangkap Sejumlah Orang Terkait Penembakan Pesawat Sipil Milik Ukraina Airline | Berita Terbaru Hari ini

Close

Iran Umumkan Tangkap Sejumlah Orang Terkait Penembakan Pesawat Sipil Milik Ukraina Airline

  • 2020-01-14
  • Editor :junaedi
  • dibaca :336
Iran Umumkan Tangkap Sejumlah Orang Terkait Penembakan Pesawat Sipil Milik Ukraina Airline Puing pesawar Boeing 737 milik Ukraina Airlines setelah dirudal di Teheran, Iran.(dok.apphoto)

Klikapa.com -Otoritas Iran mengumumkan telah menangkap sejumlah orang terkait terkait penembakan pesawat sipil Boeing 737-800 milik maskapai Ukraine International Airlines.  Namun tidak disebutkan jumlah rincinya dan identitasnya.

Mengutip lansiran AFP dan Associated Press,  otoritas kehakiman Iran mengumumkan penangkapan terkait kesalahan itu dalam konferensi pers terbaru. Namun tidak disebutkan berapa orang  dan identitas yang ditangkap oleh otoritas Iran itu.

"Penyelidikan ekstensif telah dilakukan dan beberapa orang telah ditangkap," ungkap juru bicara otoritas kehakiman Iran, Gholamhossein Esmaili, dalam konferensi pers.

BACA JUGA: Iran Akui Tembak Pesawat Ukraina. Komandan Garda Revolusi Siap Mati

Pesawat maskapai Ukraine International Airlines ditembak jatuh rudal Iran sesaat usai lepas landas dari Teheran pada 8 Januari lalu. Akibatnya, pesawat luluh lantak berikut 176 penumpang dan awaknya.

Korban adalah sebagian besar warga Iran dan warga Kanada keturunan Iran, yang tewas dalam insiden ini.

Iran sempat menyangkal selama beberapa hari usai insiden itu. Namun  militer Iran akhirnya mengakui telah secara tidak sengaja menembak pesawat penumpang itu.

Komandan Dirgantara Garda Revolusi Iran, Brigadir Jenderal Amirali Hajizadeh, dalam pernyataan pada Sabtu (11/1) lalu, mengakui seorang operator rudal salah mengira pesawat penumpang itu sebagai rudal jelajah dan melepas tembakan secara independen. 

BACA JUGA: Menyeruak, Kecelakaan Pesawat Boeing 373 di Teheran karena Ditembak Iran

Penangkapan ini merupakan yang pertama dilakukan otoritas Iran setelah mengakui kesalahannya.

"Sejumlah penyelidikan telah dilakukan di area ini dan setiap malam, tim kehakiman telah mencari dokumen hingga tengah malam. Sejumlah saran telah diberikan tapi kita harus mempertimbangkan seluruh dimensi untuk mendapatkan kebenaran," sebut Esmaili dalam pernyataannya.

Pernyataan kehakiman Iran ini disampaikan beberapa saat setelah Presiden Iran, Hassan Rouhani, menegaskan bahwa setiap orang dan pihak yang bertanggung jawab atas jatuhnya pesawat maskapai Ukraina itu harus dihukum.

"Bagi rakyat kita, sangat penting dalam insiden ini bahwa siapa saja yang bersalah atau lalai dalam tingkat


BERITA TERKAIT