Ria Irawan Kanker Yang Tidak Bisa Diobati? | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Ria Irawan Kanker Yang Tidak Bisa Diobati?

  • 07-01-2020
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1146
Ria Irawan Kanker Yang Tidak Bisa Diobati? ilustrasi sel kanker yang sulit untuk dihilagkan dari tubuh.(ist)

Klikapa.com -Kanker getah bening disebut-sebut menjadi penyebab utama kematian aktris senior Ria Irawan. Meskipun sebelum mendiang tutup usia, almarhum sempat sembuh dan kemudian penyakitnya itu lebih parah bahkan mejalar ke organ pernafasan dan otak.

Kanker sepertinya tidak dapat sembuh total. Benarkah seperti itu?  

Putri aktris Ade Irawan itu sebelumnya memang sempat sembuh. Setelah divonis menderita tumor sejak 2009 silam. Ia juga sempat menjadi mentor kepada sejumlah penderita kanker. Dia pun berbagi bagaimana melawan tumor yang mematikan itu.

Namun pada akhirnya, penyakit yang diderita bintang film berusia 50 tahun itu kembali kambuh dan bahkan lebih parah. Karena kanker itu juga ia menghembuskan nafas terakhir saat dalam perawatan di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Senin (6/1) pagi.

Sebelumnya, kondisi Ria kembali menurun. Ia bahkan harus mendapatkan perawatan intensif lagi di rumah sakit sejak September 2019. Ternyata, ada tumor baru yang tumbuh, yakni di bagian kepala.

Tumor yang bersarang di otaknya itu membuat Ria kehilangan keseimbangan dan kemampuan berbicara. Sebenarnya, bukan cuma otak saja. Sel kanker juga telah menyebar hingga ke organ pernapasan. 

Kasus yang didap Ria Irawan sepertinya memang terus seputar kanker. Sebelum ia divonis kanker betah bening, pertama kali yang muncul adalah kanker endometrium. Dokter pun memutuskan operasi untuk pengangkatan rahim mendiang tahun 2004.

Saat menjalani operasi itu, baru diketahui bahwa sel kanker yang di tubuhnya sudah menyebar hingga ke kelenjar getah bening di bagian panggul.

Tak tanggung-tanggung, kanker kelenjar getah bening yang dideritanya sudah memasuki stadium 3C. Karena penyakitnya bukan penyakit ringan, istri dari Mayky Wongkar itu rutin menjalani pengobatan.

Salah satu pengobatan yang sempat diberikan kepada Ria Irawan adalah kemoterapi oral. 

Mengutip dokter Seruni Mentari Putri dari KlikDokter, kemoterapi oral adalah kemoterapi melalui obat-obatan yang diminum. Biasanya, obat yang diberikan berupa pil atau tablet, untuk menekan sel


BERITA TERKAIT