195 Orang Keracunan setelah Santap Makanan di Acara Hajatan | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

195 Orang Keracunan setelah Santap Makanan di Acara Hajatan

  • 06-12-2019
  • Editor :junaedi
  • dibaca :2352
195 Orang Keracunan setelah Santap Makanan di Acara Hajatan Sejumlah ana-anak yang sedang mendapat perawatan medis usai keracunan makanan dari menu hajatan warga di pemalang.(dok.detikcom)

Klikapa.com - Sedikitnya 195 orang warga Desa Karangsari, Kecamatan Pulosari, Pemalang, dilarikan ke rumah sakit. Mereka dilaporkan keracunan setelah makan dari acara hajatan seorang warga.

Pemkab Pemalang pun segera menetapkan status Kejadian Luar Biasa (KLB) terhadap kasus ini . Data terakhir pada petang ini, dilaporkan korban bertambah menjadi 195 orang.

"Iya sekarang tercatat total ada 195 warga baik yang rawat jalan maupun rawat inap," ujar Camat Pulosari, Ahmadi seperti dikutip detikcom, Jumat (6/12/2019).

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, Solahudin mengaku sudah mengambil sampel makanan yang disantap warga Desa Kalisari, Kecamata Pulosari, Pemalang. Contoh makanan itu,  telah dibawa ke laboratorium di Semarang.

Solahudiin juga memastikan seluruh korban keracunan sudah tertangani dengan maksimal.

"Sudah tertangani termasuk soal pembiayaan rawat inap," jelasnya.

Kasus keracunan makanan ini dialami warga Desa Kalisari usai menyantap makanan di acara hajatan warga setempat. Sejumlah warga mengeluh pusing, mual dan muntah-muntah usai menyantap makanan di acara hajatan warga pada Rabu (4/12) pagi. 

Perangkat desa kemudian membuka posko kesehatan di balai desa dan mengoperasikan mobil desa untuk menjemput warga yang mengalami gejala keracunan.

Menurut warga, menu masakan dan minuman di acara itu tak berbeda dengan acara resepsi pernikahan pada umumnya di daerah itu.

"Ya ada Ikan asin, mie, ayam, telur, dan makanan biasah lah ala hidangan menu resepsi pernikahan lainnya," katanya.

Sejumlah warga sampai saat ini masih ada yang menjalani rawat inap di sejumlah rumah sakit.  Yakni RS Muhammadiyah, Klinik Asyifa Roja Moga, dan Puskesmas Randudongkal.


BERITA TERKAIT