Jutaan Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan | Berita Terbaru Hari ini

Close

Jutaan Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan

Jutaan Batang Rokok Ilegal Dimusnahkan Jutaan rokok ilegal dimusnahkan dengan cara dibakar di halaman kantor Kanwil Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Timur II.

Klikapa.com -Satu juta lebih batang rokok ilegal dimusnahkan oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jendral Bea dan Cukai (DJBC) Jawa Timur II. Rabu (27/11). Rokok itu sebelumnya didapat dari hasil razia pada Desember 2017- Februari 2019 di wilayah Malang Raya.


Menrut Kepala Kanwil DJBC Jatim II, Oentarto Wibowo, jumlah rokok yang dimusnahkan itu persisnya 1.057.444 batang. Merupakan hasil penindakan yang dilakukan Bidang Penindakan dan Penyidikan (P2) untuk menekan peredaran tembakau illegal. 


“Ini sebagai upaya untuk membuat para pengusaha hasil tembakau, khususnya sigaret untuk menjalankan usaha secara legal. Sehingga timbul persaingan yang sehat antar pengusaha,” terang Oentarto.


Hasil penindakan itu, Kanwil DJBC Jatim II berhasil menyelamatkan kerugian negara dari sektor cukai sekitar Rp 400 juta. Sementara, dari Pajak Pertambahan Nilai (PPn) dan pajak rokok senilai Rp 107 juta. 


“Ini tak lepas dari sinergi jajaran terkait yang mendukung upaya pemberantasan rokok illegal,” katanya.


Selain penindakan dan penyitaan barang bukti, Kanwil DJBC Jatim II juga melakukan melakukan pengawasan dan operasi rutin, sepanjang 18 November 2019 hingga 14 Desember 2019 dan secara serentak melakukan Operasi Gempur Rokok Ilegal 2019. 


“Operasi ini dilakukan tidak hanya dengan operasi reperesif penindakan. Namun, juga melakukan upaya pencegahan dengan program sosialisasi dan kampanye stop rokok illegal,” jelas dia.


Sampai saat ini, pihaknya terus melakukan operasi tersebut dan mengajak Pemerintah Daerah setempat dan TNI/Polri untuk meningkatkan sinergitas dalam memberantas rokok illegal. 


“Sekaligus untuk meningkatkan penerimaan cukai, baik pada APBN dan APBD melalui alokasi dana bagi hasil cukai ke pemerintah daerah,” lanjut dia.


Hingga Oktober 2019, Kanwil DJBC Jatim II telah dilakukan penindakan sebanyak 314 kali dengan jumlah barang hasil penindakan sebanyak 20.761.687 batang rokok illegal dengan nilai barang sebesar Rp 11,3 miliar dengan perkiraan kerugian negara sebesar Rp 8,9 miliar.(tea/aim)


BERITA TERKAIT