Pinjam Mobil Ujung-ujungnya Digadaikan | Berita Terbaru Hari ini

Close

Pinjam Mobil Ujung-ujungnya Digadaikan

  • 2019-11-26 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :843
Pinjam Mobil Ujung-ujungnya Digadaikan Tersangka Denny Criananca (kiri) ketika diamankan dan sedang di BAP di Mapolsek Singosari, Kabupaten Malang

Klikapa.com -Unit Reskrim Polsek Singosari menangkap pelaku penipuan dan penggelapan mobil Toyota Avanza, Minggu (24/11). Tersangkanya Denny Crisnanca, 46, warga asal Desa/Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. 

Pria yang juga bertempat tinggal di Perumahan Grand Pakisjajar Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang ini, ditangkap di tempat persembunyiannya. Yakni di Desa Sumbermulyo Kecamatan Tegal Dlimo Kabupaten Banyuwangi. 

"Barang bukti yang kami amankan adalah bukti transfer Bank BCA, kuitansi pembayaran serta nota sewa mobil. Sedangkan barang bukti mobil masih kami selidiki," kata Kanitreskrim Polsek Singosari, Iptu Supriyono, Senin (25/11).


Penipuan dengan modus menyewa mobil rental ini Korbannya Andy Cahyadi, 40, warga Perum BMR, Desa Watugede Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang. 


Peristiwannya pada pertengahan bulan Agustus 2019 lalu di rumah korban. Saat itu tersangka datang ke tempat korban. Tujuannya untuk menyewa mobil Toyota Avanza 1.3 type G Matic nopol N-1809-AS. 


Tersangka kemudian sewa setiap 10 hari, biaya sewa sebesar Rp 1,6 juta.


Namun sejak itu, mobil tidak pernah pulang. Pelaku juga tidak pernah membayar sewanya sampai akhir bulan Agustus 2019. Korban yang mencari informasi akhirnya mengetahui jika mobilnya digadaikan oleh terangka.

Merasa dirugikan, pada 19 September 2019, korban melaporkan ke Polsek Singosari. Dari laporan tersebut, polisi melakukan penyelidikan. Hingga akhirnya pada Minggu (24/11) polisi mendapat informasi keberadaan tersangka di wilayah Banyuwangi.


Petugas pun lantas memburunya ke Banyuwangi. Hasilnya, tersangka ditangkap ketika sedang berada di tempat persembunyiannya.


Dari keterangan tersangka ketika diperiksa, ia mengaku kalau mobil yang disewa digadaikan kepada seseorang di wilayah Wlingi Kabupaten Blitar. Uang hasil gadaikan mobil tersebut, diakui sudah habis digunakan untuk membayar utang.


"Kasusnya sekarang masih kami kembangkan. Apakah ada korban penipuan lainnya. Termasuk mencari tahu keberadaan mobil korban yang digadaikan kepada orang lain," jelas mantan KBO Satreskrim Polres Malang ini.(agp/lim)
 


BERITA TERKAIT