BTP Resmi Komut Pertamina. Menteri BUMN Bilang Seperti Ini | Berita Terbaru Hari ini

Close

BTP Resmi Komut Pertamina. Menteri BUMN Bilang Seperti Ini

  • 2019-11-22
  • Editor :junaedi
  • dibaca :495
BTP Resmi Komut Pertamina. Menteri BUMN Bilang Seperti Ini Menteri BUMN Erick Thohir resmi tunjuk Basuki Tjahaya Purnama sebagai Komisaris utama Pertamina.(dok.cnn)

Klikapa.com -Menteri BUMN Erick Thohir resmi menunjuk Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero).

"Basuki Tjahaja Purnama Komisaris Utama (Komut) di Pertamina. Didampingi oleh pak Wamen BUMN Budi Gunadi Sadikin jadi Wakil Komisaris Utama di Pertamina," kata Erick Thohir, Jumat (22/11).

Selain dua nama di atas, Erick juga menyodorkan Emma Sri Martini selaku Direktur Utama Telkomsel menjadi Direktur Keuangan Pertamina. Emma akan menggantikan Pahala Nugraha Mansury.

Pergantian Pahala di Pertamina, sambung Erick, berkaitan dengan tugas barunya di PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Pahala akan dibantu oleh Chandra Hamzah sebagai Komisaris Utama BTN.

Erick mengklaim nama-nama tersebut di atas sudah melalui Tim Penilai Akhir (TPA). "Saya hanya menyebutkan yang sudah melalui TPA. Yang tidak melalui TPA, saya tidak bisa komentar," tegas dia.

Nama-nama pejabat baru Pertamina tersebut akan dilakukan segera pada Jumat ini atau paling lambat Senin (25/11). "Pertamina bukan Tbk, jadi bisa disegerakan hari ini atau Senin," terang Erick.

Sementara, pergantian pejabat BTN akan segera dilakukan melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) pada akhir bulan ini.

Erick juga pun menanggapi Ikhwal pro kontra BTP sebagai Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Menurutnya yang bersangkutan diberikan kesempatan lebih dulu.

"Yang penting kan begini, kasih kesempatan bekerja dan lihat hasilnya. Kadang-kadang kita suudzon (berburuk sangka) orang begini, orang begini, tanpa melihat hasil," turunya mengingatkan, Jumat (22/11).

Yang penting, ia melanjutkan, BTP dilihatnya cakap bekerja alias memiliki kemampuan. Apalagi, ia menyebut Pertamina sebagai perusahaan migas BUMN mempunyai orientasi pelayanan.

Yang penting, ia menegaskan komisaris dan direksi perusahaan-perusahaan BUMN juga memiliki akhlak yang baik.

"Saya sudah berikan contoh, yang namanya me-manage perusahaan sebesar itu, kalau akhlak nggak bagus, apalagi amanah yang diberikan oleh kita semua, termasuk saya, pak Presiden (Jokowi), rakyat, harus menjadi pertanggungjawaban mereka sebagai pimpinan," jelas Erick.

Tidak cuma


BERITA TERKAIT