Teemu Pukki Pahlawan Baru Finlandia | Berita Terbaru Hari ini

Close

Teemu Pukki Pahlawan Baru Finlandia

  • 2019-11-18
  • Editor :junaedi
  • dibaca :543
Teemu Pukki Pahlawan Baru Finlandia Teemu Pukki pahlawan baru Finlandia.(ist)

Klikapa.com -Finlandia mengukir sejarah baru menyusul keberhasilannya lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Hal ini didapat setelah mereka membekuk Liechtenstein dengan skor meyakinkan 3-0 pada Sabtu 16 November 2019. Sosok yang menjadi sorotan keberhasilan pasukan Markku Kanerva tidak lain adalah Teemu Pukki. 

Tambahan tiga angka kontra Liechtenstein membawa Finlandia menjadi satu dari dua tim yang lolos dari Grup J. Mereka menjadi runner-up dengan koleksi 18 poin dari sembilan laga yang dilakoninya. Ini menjadi sejarah tersendiri, karena sebelumnya Finlandia belum pernah tampil di Piala Eropa dan Piala Dunia.

Satu negara lain yang lolos di Grup J adalah Italia yang menjadi juara grup dengan 27 poin. 

Finlandia sepantasnya berterimakasih pada Teemu Pukki. Dia adalah aktor utama keberhasilan Finlandia mengukir sejarah ini.  

Liechtenstein adalah rentetan korban sang bomber. Di laga tersebut dia mencatatkan brace masing-masing di menit ke-64 dan 75. Satu gol Finlandia dicetak oleh Jasse Tuominen di menit ke-21. 

Di kualifikasi Piala Eropa 2020, pria 29 tahun ini total mencetak sembilan gol dari sembilan laga. Sembilan gol itu lahir ketika dia membawa beberapa kemenangan penting, seperti kontra Bosnia-Herzegovina dengan mencetak dua gol kemenangan.

Selanjutnya dia mencetak satu-satunya gol kemenangan ketika bentrok dengan Yunani. Dan dua gol yang bersarang ke gawang Armenia. 

Pukki tidak bisa menutupi rasa bahagianya. Dia nyaris tidak percaya bisa membawa negaranya mengukir sejarah lolos ke Piala Eropa 2020. 

"Pesta ini ada dan kami akan merayakan apa yang telah kami capai," kata Pukki seperti dilansir BBC. 

Kapten Finlandia, Tim Sparv, jadi salah satu pemain yang larut dalam kegembiraan. Gelandang berusia 32 tahun ini sebelumnya pernah membawa Finlandia U-21 lolos ke Piala 2009, dengan status juga sebagai kapten tim. Baginya, momen kesuksesan Finlandia lolos ke Piala Eropa 2020, jadi yang terhebat dalam hidupnya.

"Itu pasti akan menjadi hal terbesar


BERITA TERKAIT