Hamka Berniat Pensiun Musim Depan. Ini Alasannya | Berita Terbaru Hari ini

Close

Hamka Berniat Pensiun Musim Depan. Ini Alasannya

Hamka Berniat Pensiun Musim Depan. Ini Alasannya Hamka Hamzah bek Arema yang nyaris tak tergantikan ingin pensiun musim depan.

Klikapa.com -Pemain senter bek Arema FC Hamka Hamzah membuat pernyataan mengejutkan. Pemain berusia 35 tahun ini berniat gantung sepatu untuk musim depan. Ia mengaku sistem kompetisi yang padat membuat pemain di usia seperti dirinya sudah sangat berat.

“Susah untuk pemain dengan usia 30 tahun seperti saya untuk memberikan kemampuan maksimal bila tidak ada waktu recovery yang cukup. Mungkin 2020 adalah musim terakhir Hamka Hamzah sebagai pemain,” ujar Hamka Hamzah, Sabtu (9/11).

Menurut dia, musim ini saja dia merasakan kesulitan untuk recovery. Dia mengatakan, waktu tiga hari, bagi pemain berusia 20-30 tahun, mungkin cukup untuk kembali bugar. Akan tetapi, untuk usia di atasnya, dalam hal ini pemain seperti dirinya, merasakan butuh waktu lebih lama.

“Kalau 3-4 hari seperti susah bisa memberikan kemampuan yang maksimal. Main dengan jarak tiga hari, saya tidak sanggup,” beber dia di tengan persiapan Arema akan melawan Persib Bandung.

Hamka merasa sadar diri di usianya saat ini. Alhasil, pria asal Makassar itu menyarankan Arema untuk mencari pelapis dirinya di musim depan.

“Kalau liga (kompetisi) masih seperti ini, saya pribadi akan menyarakan tim mencari pemain yang lebih fit. Saya siap menjadi pelapis di Arema untuk musim depan. Saya harus sadar diri,” terangnya.

Bapak dua anak itu memang mengalami banyak kendala di musim ini. Dengan jadwal yang padat, ia sempat terkena tifus dan juga beberapa kali mengalami hamstring. Tak terkecuali dalam laga melawan Madura United, Jumat (8/11). Ketika pertandingan memasuki injury time, hamstringnya kambuh.

Hal yang sama pernah terjadi saat dia bermain melawan PSS Sleman, beberapa waktu lalu. Selain hamstring, Hamka pun akhirnya terkena tifus, yang terjadi karena kelelahan.

 “Ini saja hamstring saya kambuh,” tegas dia.

Sebelum melawan Madura United, Hamka baru saja mengikuti rangkaian jadwal padat tim Singo Edan. Ia bermain empat kali dalam waktu 12 hari. Sementara,


BERITA TERKAIT