Saatnya Detok Medsos demi Cegah Efek Negatif bagi Kesehatan | Berita Terbaru Hari ini

Close

Saatnya Detok Medsos demi Cegah Efek Negatif bagi Kesehatan

  • 2019-11-08
  • Editor :junaedi
  • dibaca :447
Saatnya Detok Medsos demi Cegah Efek Negatif bagi Kesehatan ilustrasi.(ist)

Klikapa.com -Hampir setiap orang saat ini nyaris tak bisa lepas dari media sosial (Medsos). Mereka pun seperti kecanduan setiap saat untuk mengecek linimasa di medsos. Jika kondisi mental sudah terganggu seperti ini, detoks mesos sepertinya perlu dicoba. 

Detoks media sosial terakhir ini memang mulai populer. Biasanya dilakukan dengan mengurangi penggunaan media sosial atau bahkan menghentikannya sama sekali. Hal itu berguna untuk memutus rasa ketergantungan dan membantu Anda “hidup kembali” di dunia nyata.

Mengutip lansiran klikdokter, pembatasi penggunaan medsos sangat penting. Saat Anda kecanduan, media sosial bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, baik fisik maupun psikis. 

Secara fisik, terus-terusan menatap layar gawai, salah satunya dapat menyebabkan timbulnya sindrom text neck. Sindrom text neck adalah rasa kaku di area kepala, leher, jemari tangan, dan bahu, spesifiknya akibat terlalu sering menunduk memandangi gawai.

Ini disebabkan oleh tekanan berlebihan pada tulang belakang akibat posisi menggunakan perangkat elektronik yang salah. Orang yang terkena sindrom ini biasanya sering menatap layar gawai terlalu lama.

Adapun pada kesehatan mental, menurut dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter, pengguna media sosial biasanya hanya memamerkan kebahagiaan.

“Padahal, kehidupan yang dia jalani tidaklah sebahagia seperti yang dipamerkan di linimasa media sosial,” tutur Reza.

Jika hal itu dibiarkan berkelanjutan, media sosial dapat menyebabkan masalah percaya diri, tidak memiliki teman di duni nyata, merusak momen dan memori, serta mengganggu tidur dan produktivitas.

Kapan harus detoks media sosial?
Anda tentu tidak ingin mengalami keluhan-keluhan di atas, bukan? Menurut dr. Arina Heidyana dari KlikDokter, jika Anda mengalami tanda-tanda di bawah ini, berarti sudah waktu Anda harus melakukan detoks media sosial.

Sering gelisah ketika tidak mengecek media sosial  
Apakah Anda sering merasa gelisah ketika tidak mengecek media sosial? Jika ya, Anda sudah dinyatakan kecanduan media sosial dan harus segera melakukan detoks. 

“Tidak perlu langsung buru-buru menonaktifkan atau


BERITA TERKAIT