Urusan Mamin, Kota Malang Anggarkan Rp 25,8 Miliar Terbesar di Diknas | Berita Terbaru Hari ini

Close

Urusan Mamin, Kota Malang Anggarkan Rp 25,8 Miliar Terbesar di Diknas

Urusan Mamin, Kota Malang Anggarkan Rp 25,8 Miliar Terbesar di Diknas ilustrasi makanan dan minuman rapat dinas Kota Malang Capai Rp 25.8 Miliar.(ist)

Klikapa.com -Hanya untuk makan dan minum (mamin) kedinasan tahun 2020 mendatang, Pemkot Malang mengusulkan anggaran Rp 25,8 miliar. Sedangkan rapat koordinasi (rakor) dan dinas luar anggarkan Rp 10 miliar. 

Usulan total anggaran mamin sebesar itu merupakan akumulasi dari  26 organisasi perangkat daerah (OPD). Rencana tersebut sudah dicantumkan dalam Kebijakan Umum Anggaran (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2020.  


Dokumen KUA-PPAS, Dinas Pendidikan merupakan OPD yang mengusulkan anggaran mamin besar. Yakni sebesar Rp 6 miliar untuk pengadaan 24.100 set mamin. 

Menariknya anggaran mamin di Dinas Pendidikan ternyata jauh lebih besar dari anggaran penting lain. Seperti anggaran fasilitasi Bantuan Opersional Sekolah (BOS) di 425 lembaga sekolah yang dianggarkan Rp 145,8 juta. Atau anggaran bantuan bagi 425 siwa tidak mampu berprestasi Rp 3,1 miliar. 

Sementara itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) pun juga mengusulkan anggaran penyediaan mamin yang cukup besar. Yakni Rp 982,8 juta untuk pembelian 545.740 kotak makananan dan minuman.

Anggaran mamin Dinkes ini  sedikit lebih besar dari biaya operasional satu puskesmas. Contohnya operasional Puskesmas Kedungkandang dalam setahun Rp 948 juta.  Bahkan lebih banyak dari anggaran operasional Puskesmas Cisadea yang dianggarkan hanya Rp 260 juta. 

Kepala Dinas Pendidikan Dra Zubaidah belum bisa diminta konfirmasi ikhwal usulan itu. 

Sedang Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang dr. Pranoto saat dikonfirmasi menjelaskan jika anggaran mamin Dinkes yang diusulkan itu wajar. 

“Kita punya 13 seksi, masing-masing ada 10 sampai 15 kegiatan rapat di kantor maupun hotel,” jelasnya.

Selain rencana anggaran mamin yang besar, Dinkes juga mengusulkan Rp 427,6 juta untuk anggaran rakor serta konsultasi ke luar daerah. 

Ia melanjutkan, undangan masing-masing seksi baik dari provinsi maupun pusat pun biasanya diadakan minimal dua kali dalam satu tahun. Undangan tersebut mengharuskan pembiayaan ditanggung daerah. Kecuali makan siang.  

Selain anggaran mamin Rp 25,8 miliar, dari penyisiran


BERITA TERKAIT