Jalan Tol Malang - Pandaan hampir Rampung Pemkot Kebut Pelebaran Jalan Pendukung Tol | Berita Terbaru Hari ini

Close

Jalan Tol Malang - Pandaan hampir Rampung Pemkot Kebut Pelebaran Jalan Pendukung Tol

Jalan Tol Malang - Pandaan hampir Rampung Pemkot Kebut Pelebaran Jalan Pendukung Tol Jalan Tol Pandaan-Malang seksi IV yang mulai dioperasikan per Jumat (1/11).

Klikapa.com -Pasca-dioperasikannya Jalan Tol Malang - Pandaan seksi IV  (Pakis - Singosari), Jumat (1/11), segera direspon Pemkot Malang. Sejumlah lahan yang akan memberikan akses ke  jalan tol di Kota Malang segera di bebaskan.

Ddiketahui, jalan tol Malang - Pandaan ini, ada lima seksi. Kini, pembangunannya tinggal seksi V (Madyopuro - Pakis) yang 'mulut'  bagian akhir  jalan berbayar ini ada di wilayah kota Malang. Tepatnya di wilayah Madyopuro.

Menurut Wali Kota Malang Sutiaji, di Kota Malang pembebasan jalan tol masih menyisakan tiga bidang lahan yang belum dibebaskan. Tiga bidang lahan di itu ada Madyopuro. Sebab masih dipertahankan warga yang terdampak. Karena berupa hunian dan toko usaha.

“Kami yakin dalam waktu segera bisa selesai kok,” tegasnya Sutiaji ditemui di Balai Kota Malang, Jumat (1/11).  

Sutiaji memastikan, sebelum Tahun 2020 mendatang, tiga bidang yang belum bebas akan selesai. Ia menjelaskan, upaya yang akan dilakukan adalah meyakinkan warga. Hal ini rupanya sudah dilakukan camat hingga lurah di kawasan terdampak.

Lebih dari itu, ia menyebutkan pengoperasian Tol Pakis hari ini, memacu pihaknya mengerjakan proyek sekaligus penataan lalu lintas di kawasan Madyopuro. Seperti peningkatan jalan dan pembebasan lahan untuk jalur alternatif (di kawasan Danau Jonge hingga Sulfat).

“Sudah dianggarkan untuk pengerjaannya di 2020 nanti,” paparnya. 

Pemkot Malang telah anggaran pembebasan lahan sekitar Rp 19 miliar. Anggaran tersebut akan dipecah untuk proyek pelebaran jalan arteri ke pintu tol dan jalan tembus dari Jalan Danau Jonge ke Jalan Sulfat.

Sedangkan proyek lainnya adalah pelebaan Jalan Sulfat, Ki Ageng Gribig, hingga Jalan Danau Toba. Pelebaran di jalan-jalan itu akan dijadikan lebar 20 meter. Sedangkan di Jalan Zaenal Zakse dan Jalan Muharto pelebarannya akan dilakukan berikutnya dengan melebarkan persimpangan yang ada.

“Lalu 2020, kita sudah akan mengerjakan Jembatan Kedungkandang. Itu penting,” tegas Sutiaji.

Jembatan kedungkandang ini diyakini akan memberikan


BERITA TERKAIT