Wali Kota Batu Minta Korban Bandai Tak kembali ke Rumah Dulu | Berita Terbaru Hari ini

Close

Wali Kota Batu Minta Korban Bandai Tak kembali ke Rumah Dulu

  • 2019-10-21 penulis : kerisdianto
  • Editor :junaedi
  • dibaca :569
Wali Kota Batu Minta Korban Bandai Tak kembali ke Rumah Dulu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko ketika menemui para pengunsi korban badai.(firman)

Klikapa.com -Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko mengatakan pihaknya telah mengerahkan personel untuk mempercepat normalisasi Desa Sumberbrantas yang diterjang badai, Minggu (20/10).

"Alhamdulillah pagi ini (Senin) situasi berangsur normal. Angin tidak terlalu kencang seperti kemarin," katanya disela-sela mendampingi Gubernur Jatim Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat mengunjungi paa pengungsi.

Menurut Dewanti, peristiwa alam di desa ini sebenarnya sering terjadi. Bahkan ada kecenderungan terjadi siklus dalam 10 tahunan. Angin kencang di kawasan ini selalu terjadi.

BACA  JUGA: Pasca-badai Desa Sumberbrantas Kosong Ditinggal 891 Warganya Mengungsi

Hanya saja, yang terjadi di hari Minggu, lahan pertanian di wilayan ini belum ditanami. Alhasil, ketika tanah kering dan diterjang angin kencang, Sehingga menimbulkan badai debu yang cukup pekat.

"Kebetulan lagi lahan pertanian di Desa Sumberbrantas ini banyak yang belum ditanami. Sehingga tanah atau debu terbawa angin kecang dan mengakibatkan angin bercampur debu," kata Dewanti.

Lebih lanjut, Dewanti menambahkan hingga saat ini pengungsi belum boleh pulang hingga daerah terdampak sudah diperbaiki kembali. 

“Setidaknya pengungsi nanti kembali setelah dilakukan pembenahan rumah yang rusak. Kami juga sarankan agar warga Kota Batu tidak keluar rumah. Khususnya bagi ibu-ibu dan balita," tandasnya.


BERITA TERKAIT