Pasca-badai Desa Sumberbrantas Kosong Ditinggal 891 Warganya Mengungsi | Berita Terbaru Hari ini

Close

Pasca-badai Desa Sumberbrantas Kosong Ditinggal 891 Warganya Mengungsi

  • 2019-10-21 penulis : kerisdianto
  • Editor :junaedi
  • dibaca :504
Pasca-badai Desa Sumberbrantas Kosong Ditinggal 891 Warganya Mengungsi Akibat diterjang badai Desa Sumberbrantas, Kota Batu, kosong ditinggal warganya mengungsi.(firman)

Klikapa.com -Pasca diterjang angin puting beliung, Desa Sumberbrantas, Kecamatan Bumiaji Kota Batu masih seperti desa mati, Senin (21/10). Listrik sudah menyala, namun ibu-ibu, anak-anak dan lansia masih bertahan di Pos Pengungsian. Aparat dan warga pria bahu membahu menjaga desa tersebut di malam hari usai bencana angin kencang.

Saat malam hari kawasan warga masih berjaga. Kades Sumberbrantas, Juadi mengungkapkan, sampai saat jalan utama Batu - Mojokerto lewat Pacet masih ditutup total untuk semua kendaraan.

Itu dilakukan semata untuk pengamanan Desa Sumberbrantas yang sedang kosong ditinggal warganya mengungsi.

warga Desa Sumberbrantas saat di tempat pengungsian

“Jalur tersebut masih ditutup, ini untuk pengamanan desa. Listrik sudah menyala, tapi kehidupan belum normal. Para ibu, anak-anak dan lansia, masih berada di pengungsian. Sementara, anak muda, karang taruna dan pria dewasa, turun di desa untuk jaga,” kata Juadi, Senin (21/10) malam.

“Kami melakukan jaga malam ini sejak hari H bencana. Sekarang listrik sudah menyala, sehingga tugas jaga kami bisa ikut terbantu,” tandas Juadi. 

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat menyerahkan bantuan kepada warga di pengungsian.

Dia menambahkan, tugas jaga ini akan terus berlanjut sampai status bencana diangkat dari kawasan Sumberbrantas.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang datang ke lokasi dan ketempat pengungsian warga mendesak Pemkot Batu untuk memastikan tiga layanan dasar terpenuhi. Yakni layanan kesehatan, pendidikan dan layanan keagamaan bagi masyarakat yang menjadi pengungsi bencana badai. 

Sampai Senin malam, BPBD Kota Batu mencatat akibat bencara badai di desa itu, sebanyak 891 orang warga desa mengungsi. Mereka ditampung disejumlah tempat. Selain itu dilaporkan ada 20 rumah mengalami kerusakan parah di Sumbergondo.

Petugas di Kantor Desa yang juga penuh debu dan sedang dibersihkan petugas.

Sementara ratusan rumah lainnya belum bisa ditinggali karena masih penuh debu


BERITA TERKAIT