Menperdag Urung Melarang Peredaran Minyak Goreng Curah | Berita Terbaru Hari ini

Close

Menperdag Urung Melarang Peredaran Minyak Goreng Curah

  • 2019-10-08
  • Editor :junaedi
  • dibaca :408
Menperdag Urung Melarang Peredaran Minyak Goreng Curah ilustrasi minyak goreng curah.(ist)

Klikapa.com -Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengurungkan larangan peredaran minyak curah. Kebijakan tersebut berarti pula  tidak ada penarikan minyak curah dari pasaran.

"Tidak ditarik. Jadi per 1 Januari 2020 harus ada minyak goreng kemasan di setiap warung, juga di pelosok desa," kata Enggartiasto seperti dikutip antara, Selasa (8/10).

Sebelumnya Menperdag menyatakan pemerintah akan melarang peredaran minyak goreng curah di pasar masyarakat mulai 1 Januari 2020. Sebagai gantinya minyak curah wajib menggunakan kemasan.

Enggar mengatakan larangan diberlakukan karena peredaran minyak curah bisa membahayakan masyarakat. Sebab, kualitas minyak tidak bisa dipertanggungjawabkan karena tidak melewati pengawasan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Ia menyebutkan pemberlakuan kebijakan larangan edar minyak goreng tidak akan dilakukan dengan masa transisi. Artinya tidak ada masa uji coba untuk kurun waktu tertentu dalam penerapan kebijakan tersebut.

Kebijakan tersebut menimbulkan reaksi dan penolakan. Salah satunya dari PP Muhammadiyah. Organisasi tersebut meminta pemerintah membatalkan niatnya untuk melarang peredaran minyak curah.


BERITA TERKAIT