Pesawat Tempur F16 Jatuh, Dua Pilot Selamat Meski Tersangkut Kabel Listrik Tegangan Tinggi | Portal Berita yang menyajikan informasi dan berita terbaru hari ini

Close

Pesawat Tempur F16 Jatuh, Dua Pilot Selamat Meski Tersangkut Kabel Listrik Tegangan Tinggi

  • 20-09-2019
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1094
Pesawat Tempur F16 Jatuh, Dua Pilot Selamat Meski Tersangkut Kabel Listrik Tegangan Tinggi ilustrasi (ist)

Klikapa.com -Pesawat jet tempur F-16 milik angkatan udara Belgia jatuh di Prancis pada Kamis (19/9) waktu setempat. Dua orang pilotnya dikabarkan selamat dalam insiden itu namun satu di antaranya sempat tersangkut kabel listrik tegangan tinggi.

Mengutip lansiran AFP, kedua pilot berhasil keluar lewat kursi pelontar sebelum pesawat jatuh. "Pilot dan co-pilot berhasil keluar sebelum pesawat jatuh. Mereka berdua dalam keadaan hidup," kata kantor perwakilan Belgia dalam sebuah pernyataan.

Petugas evakuasi membutuhkan waktu dua jam untuk membebaskan pilot yang terjebak di kabel listrik tersebut. Dalam foto-foto yang dipublikasikan media setempat, sang pilot tampak bergelantungan di kabel karena parasut tersangkut di kabel listrik.

"Itu operasi yang sensitif dan panjang," kata pejabat senior setempat Pierre Clavreuil pada konferensi pers. "Juga dibutuhkan ketenangan," kata petugas brigade pemadam kebakaran Cyrille Berrod menambahkan.

Kedua pilot itu langsung dilarikan ke rumah sakit, tetapi bisa pulang bersama keluarga pada Kamis malam.

Pesawat tersebut terbang dari Belgia menuju pangkalan udara angkatan laut Prancis dalam rangka misi pelatihan.

Kecelakaan jet tempur tersebut juga mengakibatkan sejumlah rumah di sekitar lokasi mengalami kerusakan. Satu rumah dilaporkan rusak parah.

Meski demikian dipastikan tidak ada korban dari pihak penduduk. "Seorang wanita di rumah itu mengalami shock dan dilarikan ke rumah sakit."

Komandan angkatan udara Belgia Frederik Vansina menduga insiden itu terjadi akibat masalah mesin. Akan tetapi, untuk memastikan penyebab pasti kecelakaan, akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut.


BERITA TERKAIT