Fiks Kereta Gantung Dibangun di Batu. Ini Rutenya | Berita Terbaru Hari ini

Close

Fiks Kereta Gantung Dibangun di Batu. Ini Rutenya

  • 2019-09-10 penulis : kerisdianto
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1243
Fiks Kereta Gantung Dibangun di Batu. Ini Rutenya ilustrasi malangpost

Klikapa.com -Among Tani Foundation mitra Pemkot Batu dalam pembangunan kereta gantung (Cable Car) menyatakan pembangunan transportasi alternatif di kota wisata ini sudah dalam kajian akhir. Proyek senilai Rp 300 miliar itu segera dilakukan pembangunan. 

CEO Among Tani Foundation, Ganisa Pratiwi Rumpoko merincikan, pembangunan dilakukan sepanjang lima kilometer dan memiliki tiga stasiun dan dua sub stasiun. Namun rute itu belum fiks dan masih dalam kajian mendalam.

"Rutenya belum fix dan masih butuh kajian lebih lanjut. Masih ada beberapa kendala mulai faktor keselamatan hingga lingkungan," papar Ganis saat sosialisasi proyek itu, Senin (9/9). 

Ia mencontohkan, kendala itu seperti tiang listrik atau saluran tegangan tinggi (sutet), paralayang hingga jalur penerbangan TNI AU. 

Meksi begitu ia tetap berkeinginan berjalan proyek ini tepat waktu, mengingat pembangunannya diyakini akan memberikan nilai lebih kepada warga Kota Batu. 

"Dalam gathering ini, kami berharap dukungan, partisipasi dan pengawasan masyarakat untuk pembangunan," tegas putri wali kota Batu ini.

Dirincinya, rute kereta ganatung itu nantinya sepanjang 14 kilometer. Pembangunan mulai Desa Tlekung sebagai stasiun A, Kecamatan Junrejo - Desa Giripurno, Kecamatan Bumiaji - Desa Oro-Oro Ombo stasiun B penghubung, Kecamatan Batu - Kelurahan Ngaglik sebagai stasiun C atau Panderman, Kecamatan Batu - Desa Gunungsari, Kecamatan Bumiaji. Kapasitas satu kereta gantung menampung 8-10 orang dengan ketinggian 855-110 Mdpl. 

Kereta gantung ini menggunakan konsultan Cable Car dari Jakarta. Produsennya akan menggunakan Cable Car asal Austria. Pilihan ini didasari karena rekor pabrikannya yang sudah berpengalanan membangun kereta gantung di berbagai negara dunia. 
 


BERITA TERKAIT