Batu segera Bangun Kereta Gantung, Warga Bisa Miliki Sahamnya | Berita Terbaru Hari ini

Close

Batu segera Bangun Kereta Gantung, Warga Bisa Miliki Sahamnya

  • 2019-09-09 penulis : kerisdianto
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1325
Batu segera Bangun Kereta Gantung, Warga Bisa Miliki Sahamnya Sosialisasi proyek kereta gantung di Kota Batu.(kerisdianto)


Klikapa.com -Kota Batu terus menggeliat sebagai kota wisata.Pemkot setempat kini menggandeng swasta untuk membangun kereta gantung atau cable car. Proyek yang diperkirakan akan menelan biaya Rp 300 miliar itu tahap perencanaan dan pembangunan fisik mulai 2020 nanti. 

Pemkot Batu bersama Among Tani Foundation melakukan sosialisasi proyek ini kepada warga Kota Batu tentang pembangunan cable car di Graha Pancasila, Senin (9/9). 

Sosialisasi bertajuk Gathering Cable Car dibuka langsung Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko. Hadir dalam gathering itu, Mr. Hans Jones, perwakilan produsen cable car asal Austria, Doppelmayr,  Tonny Partono, Konsultan Cable Car dari Jakarta. 

"The Dream Comes True" ucap Dewanti ketika membuka Gathering Cable Car di Graha Pancasila.  

Dalam kesempata itu, ikut mendiskusikan warga Kota Batu turut memiliki saham proyek transportasi ini. Mereka bisa menanam saham investasi proyek strategis. Konsepnya, kereta gantung meniru Taman Rekreasi Selecta dengan saham lebih 1000 yang dimiliki warga Desa Tulungrejo Kecamatan Bumiaji dan sekitarnya. Mereka ikut menikmati hasil usaha taman rekreasi Selecta berkat saham tersebut. 

Dewanti mengaku, pembangunan kereta gantung adalah proyek yang sangat cerah dan segera direalisasikan. Dalam waktu dekat, kereta gantung sudah dibangun. 

''Survei dilakukan selama setahun dari perusahaan kereta gantung ternama dari Austria, Doppelmayr," tambah Dewanti.

Ia menguraikan, pembangunan kereta gantung salah satu jawaban kemacetan yang terjadi di Kota Batu karena dan tingginya jumlah wisatawan. Dalam tahun 2018, wisatawan domestik dan mancanegara mencapai 6,7 juta orang.  

Pemkot Batu sengaja menggandeng produsen Austria untuk mewujudkan kereta gantung. Produsen asal Austria ini sudah pengalaman membangun kereta gantung di berbagai negara dunia. Podusen ini mengalahkan pabrikan kereta gantung dari Taiwan dan China. 

"Kami sebenarnya juga mendapatkan tawaran produsen lain dengan harga lebih murah. Tapi kami tidak mau berjudi dengan memilih produsen lain. Pemilihan Doppelmayr karena keamanan karena  perusahaan ini telah membangun kereta


BERITA TERKAIT