Waspadai Lima Gangguan Kesehatan Saat Lari Maraton | Berita Terbaru Hari ini

Close

Waspadai Lima Gangguan Kesehatan Saat Lari Maraton

  • 2019-08-06
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1188
Waspadai Lima Gangguan Kesehatan Saat Lari Maraton ilustrasi(ist)

Klikapa.com -Ajang Surabaya Maraton atau 10 K yang digelar Minggu (4/8) menyisakan duka mendalam. Dua orang pelari meninggal dunia saat ikut ajang lari terbesar di Surabaya tersebut. Pelari 10 kilometer itu memang rentan mengalami gangguan kesehatan jika tidak mempersiapkan kondisi fisik dengan optimal. 

Satu dari dua orang korban lari di ajang itu adalah Chusnun N. Djuraid, Komisaris dan sekaligus salah satu pendiri harian Malang Post. Pria berusia 60 tahun itu mengenakan nomor peserta 5721 dan Oentung P. Setiono,55 peserta nomor 5755. Keduanya mengikuti Surabaya Marathon pada nomor jarak 10 kilometer.

Baik Chusnun maupun Oentung tumbang sebelum sampai garis finis dan buru-buru dibawa ke RSU dr. Soetomo, Surabaya. Kedua pelari tersebut akhirnya dinyatakan meninggal setelah petugas medis melakukan beberapa upaya untuk menyadarkan mereka.

Chusnun memang pernah dirawat di rumah sakit karena jantang.  Menurut dokter ia mengalami pembengkaan jantung. Itu hampir tiga tahun lalu. Sejak itu, bapak empat orang anak ini berhenti main tenis yang menjadi kegemarannya.

Gantinya, ia senang jogging. Lama-lama lari. Ia sering mengikuti lari 5 kilometer dan kemudian meningkat ikut lari 10 kilometer di Boorobudur dan Surabaya itu. Padahal, Chusnun selama hidupnya sangat dengan hidup sehat. Ia juga bukan orang perokok atau orang yang gemar dengan hingar-bingar dunia malam.

Jogging menjadi sarapan kesehariannya. Ia juga selalu membawa running watch untuk memonitor ataupun merekam jantungnya. 

Menurut dr. Dyah Novita Anggraini dari KlikDokter, banyak hal yang seharusnya diwaspadai para pelari jauh.  Khusunya berpengaruh pada kondisi tubuh. Pasalnya, saat lari marathon seluruh organ tubuh akan bekerja berat untuk menghasilkan energi saat berlari.

Jika seorang pelari tidak sedang berada dalam kondisi fisik yang prima, ia akan menjadi mudah mengalami gangguan kesehatan, seiring dengan jauhnya jarak yang ditempuh. Berikut beberapa gangguan kesehatan yang bisa dialami pelari marathon

1.Dehidrasi
Kecukupan cairan dalam tubuh


BERITA TERKAIT