Beli Mobil Pribadi dengan Dana Desa, Mantan Kades Tlogosari Ditahan Kejaksaan | Berita Terbaru Hari ini

Close

Beli Mobil Pribadi dengan Dana Desa, Mantan Kades Tlogosari Ditahan Kejaksaan

  • 2019-07-11 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :4260
Beli Mobil Pribadi dengan Dana Desa, Mantan Kades Tlogosari Ditahan Kejaksaan Mantan Kades Tlogosari, Kabupaten Malang saat digelandang petugas Kejaksaan.(agung)

Klikapa.com -Mantan Kepala Desa (Kades) Tlogosari, Kabupaten Malang Paimin Purwanto, 64, dijemput dan ditahan petugas Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepanjen, Kamis (11/7) siang. Ia disangka telah menyelewengkan dana desa (DD) tahun 2017.


"Penahanannya kami lakukan mulai hari ini (Kamis, 22/7) sampai 20 hari ke depan, sembari menyelesaikan proses penyidikan. Penahanan tersangka kami titipkan di LP Lowokwaru," kata Kasi Pidsus Kejari Kepanjen, Muhandas Ulimen.


Menurut Muhandas, penetapan dan penahanan tersangka setelah melalui proses penyidikan panjang. Penyidik Kejari Kepanjen, sebelumnya mendapat laporan dari warga dan Inspektorat Kabupaten Malang, terkait dugaan korupsi yang dilakukan tersangka.


Hasil penyelidikan penyidik, diketahui, bahwa berdasarkan audit BPKP ada kerugian negara sebesar Rp 429 juta.


Kerugian negara tersebut, dari dana desa (DD) tahun 2017 yang diduga diselewengkan oleh tersangka. Dimana DD yang seharusnya digunakan untuk kegiatan desa, namun oleh tersangka dinikmati untuk kepentingan pribadinya. 


"Di antaranya biaya untuk pembangunan Balai Desa Tlogosari serta pembelian mobil operasional desa. Tetapi oleh tersangka anggaran tersebut diperuntukkan untuk membeli mobil pribadi," jelas Muhandas.

"Tersangka kami jerat dengan pasal 2 ayat 1 jonto pasal 18 Undang-undang nomor 31 tahun 1999, sebagaimana diubah Undang-undang nomor 20 tahun 2001, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi," tegasnya.(agp/lim)
 


BERITA TERKAIT