Atasi Kemacetan Karanglo, Pemprov Jatim Turun Tangan Ini Skema Mengatasinya | Berita Terbaru Hari ini

Close

Atasi Kemacetan Karanglo, Pemprov Jatim Turun Tangan Ini Skema Mengatasinya

  • 2019-07-10
  • Editor :junaedi
  • dibaca :681
Atasi Kemacetan Karanglo, Pemprov Jatim Turun Tangan Ini Skema Mengatasinya Pembangunan underpass Karanglo, Singosari, Kabupaten Malang tak mampu menyelesaikan kemacetan di tempat ini.

Klikapa.com -Kemacetan parah lalu lintas di perbatasan Kota dan Kabupaten Malang tepatnya di exit tol Pandaan-Malang membuat Pemprov Jatim turun tangan. Melalui Bakorwil III Malang, melakukan pertemuan dengan PT Jasamarga Pandaan, Polres Malang, Polres Malang Kota, Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, UPT Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Malang, Kejari Malang hingga PN Malang. 

Penanganan kemacetan itu memang tidak hanya fokus kepada di Karanglo, Singosari, Kabupaten Malang itu saja. Tapi juga penyelesaian menyeluruh ikhwal tersendatnya pembangunan jalan tol Padaan-Malang terutama di exit tol Madyupuro (wilayah Kota Malang)

Khusus kemacetan di Karanglo menurut Kepala Bakorwil III Malang Benny Sampirwanto, sejumlah skema sedang disiapkan. 

“Pertama bersurat kepada Gubernur Jatim dan instansi terkait yakni Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII untuk mendorong proses pemebebasan dan pelebaran jalan nasional di sekitar persimpagan Karanglo,” jelas Benny.


Lalu ada saran dari Polres Malang Kota agar adanya perluasan jalan di sekitar simpang Karanglo. Juga dibutuhkan pemasangan rambu peringatan petunjuk jalan (RPPJ), rambu dan median di jalan menuju underpass.


Masih kata Benny, dari rel KA Singosari sepanjang 1,6 km ke arah Malang akan dilakukan pengerasan bahu jalan. Begitu pula dengan jalan existing di Simpang Arjosari menuju underpass sepanjang sekitar 100 meter.

 
“Lalu ada masukan juga dari UPT LLAJ Malang untuk mengurangi kemacetan. Yakni mengurangi fase lampu lalu lintas dari empat fase menjadi tiga fase. Caranya mengarahkan seluruh kendaraan dari  arah Malang ke Surabaya lewat underpass dan dari arah Surabaya ke Malang,” jelasnya. 


Kemudian usulan lain yang akan ditindaklanjuti yakni membuat pergerakan kendaraan via tol arah Surabaya dan Batu-Malang menjadi satu fase melewati bagian atas underpass. Lalu akan dimanfaatkan juga Variable Message Sign (VMS) di jalan arah Malang menuju underpass sebagai papan informasi. Tujuannya untuk mengarahkan lajur melalui jalan tol dan jalan


BERITA TERKAIT