Rumah Pompa Milik PDAM Kota Disegel Satpol PP Kabupaten Malang | Berita Terbaru Hari ini

Close

Rumah Pompa Milik PDAM Kota Disegel Satpol PP Kabupaten Malang

Rumah Pompa Milik PDAM Kota Disegel Satpol PP Kabupaten Malang Rumah pompa milik PDAM Kota Malang yang disegel Satpol PP Kabupaten Malang.(ist)

Klikapa.com  -Hubungan Pemerintah Kabupaten dan Kota Malang belum juga harmonis. Sengketa soal sumber air yang dikelola Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Malang yang belum usia, kini muncul penyegelan gedung rumah pompa oleh Satpol PP Kabupaten Malang.

Penyegelan itu dilakukan Senin (8/7) terhadap, gedung pompa air milik PDAM Kota Malang di Desa Mangliawan Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Ikhwal penyegelan karena dianggap tidak memiliki izin mendirikan bangunan (IMB) dan Izin Gangguan (HO). 

Puluhan anggota Satpol PP Kabupaten Malang datang dan melakukan menyegelan itu dengan. Pemasangan papan pemberitahuan.

”Kami memasang papan pemberitahuan itu pukul 10.00 sampai pukul 10.30. Tidak ada perlawanan, pihak PDAM Kota Malang cukup kooperatif,’’ tegas Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Perundang-undangan Daerah (P2D) Satpol-PP Kabupaten Malang Stefanus L. Horsayr.  

Menurut Stefanus, penyegelan yang dilakukan sebagai responnya setelah ada pelanggaran. Sebelumnya,  pihaknya yang melakukan patroli, mendapati bangunan baru di kompleks rumah pompa milik PDAM Kota Malang.

Satpol PP pun melakukan koordinasi dengan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Malang, untuk menanyakan apakah bangunan tersebut memiliki IMB atau tidak. 

”Setelah kami mendapat pemberitahuan dari petugas DPMPTSP jika bagunan itu tidak ada iizinnya, kami pun mengundang PDAM Kota Malang untuk klarifikasi masalah perizinan pendirian bangunan,’’ urainya. 

Saat itu, disebutkan PDAM Kota Malang mengakui jika bangunan itu belum memiliki izin. Namun berjanji segera diurusnya. Klarifikasi itu dilakukan pada 26 April 2019 lalu. Pada tanggal 30 April, Satpol PP Kabupaten Malang melayangkan surat teguran. Salah satu poin dalam surat teguran itu, PDAM Kota Malang wajib menyelesaikan IMB untuk bangunan pompa air selama 15 hari. 

”Jika dihitung waktunya, maka harusnya PDAM Kota Malang sudah mengurus izin. Tapi faktanya tidak. Terbukti, sampai dengan awal Juni lalu, kami melakukan klarifikasi, mereka belum mengurus IMB,’’ ungkapnya.

Pada tanggal 24 Juni lalu, Satpol PP Kabupaten


BERITA TERKAIT