Krakatau Steel Bantah PHK Karyawan tapi Alihkan ke Anak Usaha | Berita Terbaru Hari ini

Close

Krakatau Steel Bantah PHK Karyawan tapi Alihkan ke Anak Usaha

  • 2019-07-06
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1265
Krakatau Steel Bantah PHK Karyawan tapi Alihkan ke Anak Usaha ilustrasi (ist)

Klikapa.com -Kabar akan dilakukannya 'pencucian'  karyawan atau pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap karyawan tetap dibantah PT Krakatau Steel Tbk. Perseroan ini akan melakukan efissiensi sampai 2020 dengan mengalihkan sejumlah kayawannya ke entitas usaha lain. 

Direktur Utama Krakatau Steel Silmy Karim menjelaskan produsen baja itu tengah melakukan restrukturisasi organisasi guna memperbaiki kinerja perusahaan yang merugi selama tujuh tahun berturut-turut. 

Ia mengungkapkan jumlah unit kerja dalam tubuh Krakatau Steel sebanyak 6.264 posisi. Jumlah tenaga kerja di unit tersebut sebanyak 4.453 orang per Maret 2019. 

Praktis, lanjutnya seperti dikutip cnnindonesia, jumlah tersebut tidak efisien dan membebani biaya operasional perusahaan. 

Oleh sebab itu, ia mengatakan perusahaan akan melakukan efisiensi dengan memangkas unit kerja sebesar 30 persen dari 6.264 posisi setara 1.879 unit kerja secara bertahap hingga 2020. Jika dihitung, maka jumlah unit kerja di perseroan menjadi 4.385 posisi. 

Pengurangan unit kerja di Krakatau Steel tentunya dibarengi dengan pemangkasan jumlah tenaga kerjanya. Namun, ia belum bisa menyebutkan pengurangan jumlah karyawan tetap lantaran jumlahnya berubah setiap hari dengan adanya karyawan pensiun dan sebagainya. 

"Struktur seperti ini bukan lagi struktur yang tepat. Krakatau Steel terlambat transformasi diri yang seharusnya sudah harus dilakukan tahun sebelumnya untuk antisipasi daya saing di luar negeri," katanya.

Meski mengurangi unit kerja, perusahaan yang berlokasi di Cilegon, Jawa Barat ini tidak melakukan PHK. Sebab, kayawan Krakatau Steel tersebut akan dialihkan kepada entitas usaha lainnya. 


BERITA TERKAIT