Inspektorat: Sanksi Kades yang Diduga Memperkosa Tunggu Kasusnya di Polisi | Berita Terbaru Hari ini

Close

Inspektorat: Sanksi Kades yang Diduga Memperkosa Tunggu Kasusnya di Polisi

  • 2019-06-16 penulis : Agung Priyo
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1492
Inspektorat: Sanksi Kades yang Diduga Memperkosa Tunggu Kasusnya di Polisi Kepala Inspektorat Kabupaten Malang Tridiyah Maistuti

MALANG -Kepala Inspektorat Kabupaten Malang Tridiyah Maistuti mengaku menyesalkan atas kasus dugaan pemerkosaan yang dilakukan Kepala Desa (Kades) Trenyang Kecamatan Sumberpucung. 


"Kami sudah memonitor kejadiannya. Namun masih belum ada penetapan tersangka, karena sedang menunggu hasil visum korban. Untuk Kades sejauh ini masih mengamankan diri," ungkap Tridiyah.


Meski begitu, Tridiyah menyebutkan, mengingat secara yuridis belum ada penetapan tersangka dalam kasus itu, Kades berinisial DS  itu masih bisa melaksanakan aktivitas sebagai kepala desa. 

Hanya untuk menjaga kondusifitas masyarakat desa sekitar, ia menilai harus hati-hati dan menjadi pertimbangan.

BACA JUGA : Soal Kades Yang Diduga Memperkosa Warganya, Ada Pengakuan Suka Sama Suka

"Isu yang berkembang bukan perkosaan tetapi perselingkuhan. Sehingga kasus ini adalah delik aduan dari korban. Jika nanti hasilnya tidak terbukti, maka akan ada penekanan terhadap yang bersangkutan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), supaya lebih berhati-hati sebagai tokoh masyarakat," jelasnya.

Tridiyah menegaskan atas kasus ini, sanksi pasti ada. Jika nantinya ada status hukum kepada Kades bisa ditentukan sanksinya. Jika tidak ditahan, maka akan menunggu sampai proses hukumnya mempunyai kekuatan hukum tetap.

Sebaliknya jika Kades DS tidak menjadi tersangka, tetap akan menjadikan pertimbangan. Karena dengan kejadian itu, kepercayaan masyarakat akan menurun sehingga bisa menggangu pelayanan di desa.

BACA JUGA : Heboh Warga Desa Trenyang Kadesnya Diduga Memperkosa Warganya

"Saya sudah meminta Camat Sumberpucung untuk segera membuat laporan ke Bupati Malang terkait kejadian itu. Kami juga masih menunggu dan memonitor perkembangan penyelidikan dari pihak kepolisian," tegas mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini.

Kades Trenyang Kecamatan Sumberpucung berinisial DS diduga telah berbuat asusila, Kamis (13/6) malam. Ia berusaha melakukan perkosaan terhadap warganya yang ternya istri salah satu perangkat desa.

Pasca dugaan perkosaan tersebut, Kamis malam DS langsung mengamankan diri ke Polsek Sumberpucung. Kasusnya langsung diserahkan ke UPPA Polres Malang.(agp/lim)
 


BERITA TERKAIT