Presiden Jokowi Minta Tol Pandaan-Malang Gratis Dulu. PJM: Mulai Operasioanl 14 Mei Jam 07.00 | Berita Terbaru Hari ini

Close

Presiden Jokowi Minta Tol Pandaan-Malang Gratis Dulu. PJM: Mulai Operasioanl 14 Mei Jam 07.00

  • 2019-05-13
  • Editor :junaedi
  • dibaca :801
Presiden Jokowi Minta Tol Pandaan-Malang Gratis Dulu. PJM: Mulai Operasioanl 14 Mei Jam 07.00 Presiden Joko Widodo di sela-sela peresmian jalan tol Pandaan-Malang ruas 1, 2, dan 3, di Malang, Senin (13/5). (istimewa)

MALANG  -Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta kepada pengelola jalan tol Pandaan-Malang untuk sementara dioperasikan tanpa tarif dulu alias gratis. Ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat hingga libur Lebaran nanti.

“Saya sudah bisik-bisik ke Menteri BUMN, jangan sampai bayar dulu sampai Lebaran. Gratisin dulu sampai Lebaran untuk dicoba masyarakat sekitar dan sudah dijawab bisa oleh Menteri BUMN,” kata Joko Widodo ketika meresmikan beroperasinya jalan tol Pandaan - Malang di pintul tol Singosari, Kabupaten Malang, Senin (13/5).

Disebutkan begitu lantaran dengan adanya jalan tol ini kata presiden, sangat membantu akan mobilitas masyarakat. Memangkas perjalanan Surabaya - Malang atau sebaliknya menjadi satu jam saja.

"Yang sebelumnya tadi Pak Bupati Malang menyampaikan dulunya ditempuh bisa sampai 3 jam [Surabaya-Malang]. Kadang bisa sampai 3,5 jam. Sekarang setelah ini, jadi diperkirakan hanya 1 jam. Memang masih kurang sedikit, 7—8 km," ujarnya Jokowi.

Jalan tol Pandaan-Malang terdiri dari lima seksi yang terbagi menjadi Seksi 1 Pandaan-Purwodadi sepanjang 15 km, Seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8 km, Seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7 km, Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4 km, dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 4 km.

Pembangunan Tol Pandaan-Malang dilakukan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) dengan biaya investasi Rp5,9 triliun.

Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, keberadaan Jalan Tol Pandaan-Malang merupakan bagian dari peran BUMN sebagai agen pembangunan dalam mendorong peningkatan konektivitas darat dan pemerataan ekonomi.

Dia menyatakan, pihaknya terus mendorong Jasa Marga dan PT PP sebagai kontraktor, agar proyek ruas tol ini bisa selesai semua.

Ruas Tol Pandaan-Malang ini dikelola PT Jasamarga Pandaan Malang (JPM) yang 60 persen sahamnya dimiliki Jasa Marga PT Pembangunan Perumahan (Persero) sebesar 35% dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) sebesar 5%.

Agus Purnomo, Dirut PT JPM menyatakan, Jalan Tol Pandaan-Malang dioperasikan tanpa tarif mulai


BERITA TERKAIT