Senin, Tiga Seksi Tol Pandaan - Malang Diresmikan Presiden | Berita Terbaru Hari ini

Close

Senin, Tiga Seksi Tol Pandaan - Malang Diresmikan Presiden

  • 2019-05-11 penulis : Fino
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1251
Senin, Tiga Seksi Tol Pandaan - Malang Diresmikan Presiden Jalan Tol Pandaan-Malang seksi 1 dan 3 siap diresmikan Presiden Jokowi, Senin (13/5).(guest)

MALANG -Jalan Tol Pandaan - Malang untuk seksi satu sampai tiga rencananya akan diresmikan Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi, Senin (13/5). Dioperasikan jalan tol ini diharapkan akan menjadi alternatif sejumlah simpul kemacetan di jalan nasional Surabaya Malang selama ini.

Menurut Direktur Utama PT Jasa Marga Pandaan-Malang, Agus Purnomo, jalan tol di tiga seksi ini telah melalui proses uji kelayakan sejak April 2019. 

“Rambu-rambu sudah lengkap. Larangan, imbauan sudah terpasang. Sehingga, tol ini sudah bisa berfungsi normal setelah diresmikan Presiden RI pada Senin mendatang,” kata Agus, Sabtu (11/5).

Menurutnya, tiga seksi dari lima seksi tol Pandaan Malang yang siap dioperasikan itu tidak lagi menjadi tol fungsional saat arus mudik lebaran mendatang. Jalan tol ini kata pria yang akrab disapa Apung ini sudah laik dioperasikan.

''Tidak lama, setelah diresmikan Pak Presiden, satu dua hari kami beres-beres, dan bisa langsung beroperasi secara normal. Untuk exit tol, ada di Purwodadi, Lawang dan Singosari,” tandasnya. 

Sementara itu, fasilitas yang belum berfungsi adalah rest area. Rencananya, rest area akan dibangun di dua seksi. Yakni di seksi satu dan seksi tiga tol Mapan. 


Namun, saat H-5 lebaran, lahan untuk rest area akan dibangun pos pantau arus mudik.


“Rest area masih belum. Nanti lahannya, mulai H-5 akan dibikin pos pantau arus mudik dan arus balik lebaran,” sambungnya. 


Lebih dari itu, Agus menambahkan, jalan tol Pandaan - Malang ini masih akan berlanjut sampai seksi lima. Namun untuk seksi empat dan seksi lima, pembangunannya sedikit terhambat karena harus menunggu eksekusi pengadilan.


Setidaknya ada 50 bidang di kawasan Madyopuro yang masih menunggu eksekusi Pengadilan Negeri Malang untuk pembebasan lahan. 


Menurut Agus, PT Jasa Marga Pandaan-Malang, tidak berkepentingan cawe-cawe, dan menyerahkannya kepada pihak pemerintah. PT Jasa Marga sebagai investor, hanya mengerjakan lahan yang sudah bebas.


BERITA TERKAIT