15 Pendaki Berhasil Diselamatkan setelah Enam Jam Terjebah Cuaca Buruk di Gunung Buthak | Berita Terbaru Hari ini

Close

15 Pendaki Berhasil Diselamatkan setelah Enam Jam Terjebah Cuaca Buruk di Gunung Buthak

  • 2019-04-29 penulis : kerisdianto
  • Editor :junaedi
  • dibaca :564
15 Pendaki Berhasil Diselamatkan setelah Enam Jam Terjebah Cuaca Buruk di Gunung Buthak Para pendaki Gunung Buthak yang behasil diselamatkan Tim recue BPBD.

BATU-15 orang pendaki  di Gunung Buthak Kota Batu yang terjebak cuaca buruk telah berhasil diselamatnya Tim recue BPBD Kota Batu semuanya Senin (29/4). Usai mendapatkan pemeriksaan medis pendaku dari beberapa daerah di Jatim itu pun diperbolehkan pulang.


Sebelumnya, para pendaki itu terjebak sekitar enam jam dalam kedinginan. Mereka lemas, kelaparan lantaran kehabisan logistik. Tiga orang di antaranya sempat mengalami hipotermia.  


Menurut M. Fajrul Abidin, salah satu pendaki itu mengaku mereka berangkat bersama tiga temannya dari Pos Panderman, Sabtu (27/4) malam, sekitar pukul 20.00 WIB. 


Awal mereka keberangkatan bersama tiga temannya dari Pos Panderman pukul 20.00 WIB, Sabtu (27/4) malam. 


"Kami berangkat hanya empat orang. Mereka teman kuliah saya di Sekolah Tinggi Nahdatul Ulama Malang Jurusan Manajemen Pendidikan," katanya, Senin (29/4). 


Rencana awal mereka akan mendakian hanya selama satu hari. Kemudian pulang pada Minggu (28/4) sore. Perjalan dari savana gunung Buthak menuju Pos Panderman, dibutuhkan waktu turun sekitar lima jam. 


Namun perjalanan turun gunung tak sesuai rencana. Pasalnya sekitar pukul 18.00 WIB hujan turun dengan deras. 


"Karena hujan deras sejak pukul 18.00 WIB membuat jalan licin. Belum lagi rombongan kami ada yang perempuan dan mengenakan sepatu yang kurang safety. Ini membuat perjalanan terkendala," terangnya.

  
Sesampainya di di pos tiga,  mereka istirahat. Karena logistik yang semakin menipis, mau tak mau harus melanjutkan perjalanan.

Kondisinya semakin parah karena tak bisa mendirikan tenda. Sementara hujan deras terus mengguyur hingga malam di tengah hutan. Mereka akhirnya terjebak di tanjakan  PHP Gunung Buthak. 


"Saat itu logistik kami menipis. Tapi harus lanjut dan tidak mungkin nge-camp lagi. Hujan juga masih terus turun," kata warga Jalan Terusan Agus Salim Kota Batu ini.


Perjalan setapak yang meraka lakukan akhirnya sampai pada Pos 2. Di pos tersebut Bidin melihat kondisi


BERITA TERKAIT