Pertolongan Pertama Saat Terserang Demam Berdarah | Berita Terbaru Hari ini

Close

Pertolongan Pertama Saat Terserang Demam Berdarah

  • 2019-04-21
  • Editor :goly
  • dibaca :1218
Pertolongan Pertama Saat Terserang Demam Berdarah Ilustrasi DBD

KLIKAPA - Ketika musim hujan tiba, angka kejadian demam berdarah dengue (DBD) biasanya akan lebih tinggi. Demam berdarah tak bisa disepelekan karena dapat mematikan jika tak ditangani dengan benar. Untuk itu, sangat penting bagi tiap orang untuk mengetahui dan memahami pertolongan pertama pada demam berdarah.


Demam berdarah merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus dengue. Virus ini ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Komplikasi pada demam berdarah dapat menyebabkan kerusakan pada sejumlah organ, seperti paru, hati, dan jantung. Tekanan darah juga dapat menurun secara drastis hingga level sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian.


Demam berdarah ditandai dengan keluhan demam tinggi yang muncul secara mendadak hingga 39 derajat Celsius. Demam akan berlangsung terus-menerus selama 2–7 hari, kemudian turun dengan cepat dan biasanya diikuti oleh tanda-tanda sebagai berikut:


    Nyeri kepala
    Menggigil dan lemas
    Nyeri di belakang mata, otot, dan tulang
    Ruam kulit hingga kemerahan
    Kesulitan menelan makanan dan minuman
    Mual dan muntah


Selanjutnya, gejala-gejala di atas akan diikuti oleh tanda perdarahan, seperti:


    Gusi berdarah
    Mimisan
    Timbul bintik-bintik merah pada kulit
    Muntah darah
    Buang air besar berwarna hitam


Dengan mengenali tanda-tanda penyakit demam berdarah di atas, maka Anda dapat melakukan pertolongan pertama bagi pasien di rumah. Karena jika tidak ditangani dengan baik, demam berdarah dapat mengancam nyawa. Untuk itu, melakukan pertolongan pertama berikut ini akan sangat membantu pasien.


    Konsumsi banyak cairan
Pasien diharuskan mengonsumsi banyak cairan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Jika dehidrasi dibiarkan maka akan mengakibatkan penurunan trombosit dan syok. Inilah yang dapat mengancam nyawa pasien demam berdarah hingga kematian.


Konsumsi cairan yang dianjurkan adalah 2–3 liter per hari. Beberapa pilihannya adalah air putih, jus buah, susu, dan larutan oralit. Hindari minuman


BERITA TERKAIT