Inilah Track Rekor Penjahat Modus Ban Kempis Yang Ditembak Polisi | Berita Terbaru Hari ini

Close

Inilah Track Rekor Penjahat Modus Ban Kempis Yang Ditembak Polisi

  • 2019-04-10
  • Editor :junaedi
  • dibaca :486
Inilah Track Rekor Penjahat Modus Ban Kempis Yang Ditembak Polisi Dua dari delapan komplotan penjahat modus ban kempis yang ditangkap polisi

MALANG -Dua pelaku kejahatan yang menyasar para nasabah bank dengan modus ban kempis, mengaku jika telah melakukan kejatahan di 13 TKP. Itu dilakukan mereka bersama dua orang temannya yang sudah ditangkap di Polres Blitar. 

Kedua pelaku yang telah ditangkap Reskrim Polres Malang itu adalah Rifai, 48, warga Dusun Genitri Desa Kedungrejo Kecamatan Pakis dan Sugeng Handoyo, 40, warga Dusun Dawuhan Desa Pamotan Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

Mereka ini bagian dari delapan komplotan penjahat antar-kota. Dua anggota mereka ada yang ditangkap di Blitar.

Dari keterangan mereka, keduanya memang terlibat pencurian dengan modus ban kempes bersama dengan dua temannya yang ditangkap Polres Blitar Kota. Hasil pengembangan, diketahui bahwa mereka sudah beraksi di 13 TKP.


Di wilayah Kabupaten Malang TKP yang mereka akui adalah di Turen, Dampit, Poncokusumo dan Gondanglegi. Sedangkan TKP di luar wilayah Malang, ada di Mojokerto, Pasuruan, Blitar serta Kediri.

Modus mereka sama. Yakni menyasar nasabah bank yang baru saja mengambil uang di bank. Selanjutnya, roda ban korban dikempesi. Saat di tengah jalan, salah satu pelaku memberi tahu koban. Jika korban berhenti dan memeriksa ban, saat itulah kawanan ini mengondol uang.

Menurut pengakuan mereka, biasanya aksi kawanan ini mencari mangsa dengan berpura-pura melakukan transfer atau penukaran uang. 

Mereka sambil mengawasi nasabah yang menarik uang dengan jumlah banyak. 

Setelah mendapatkan calon korban, mereka memberitahu kawanan lainnya dengan menyebutkan ciri-ciri korban. Pelaku lain yang menunggu lantas membuntuti korban. 

Saat di lampu merah, pelaku memasang paku ke roda mobil korban.Ketika mobil kempes dan berhenti, kawanan ini langsung menyikat uang dalam mobil.(agp/lim)
 


BERITA TERKAIT

close