Dua Mahasiswa USU Raih Tiga Emas di Rusia | Berita Terbaru Hari ini

Close

Dua Mahasiswa USU Raih Tiga Emas di Rusia

  • 2019-03-30
  • Editor :goly
  • dibaca :2985
Dua Mahasiswa USU Raih Tiga Emas di Rusia Dua Mahasiswa USU Raih Tiga Emas di Rusia

KLIKAPA - Prestasi gemilang dicatat dua mahasiswa Universitas Sumater Utara (USU), pada kegiatan 22nd Moscow International Salon of Inventions and Innovative tecnologies Archimedes.


Keduanya yaitu, Winelda Mahfud Zaidan Haris dari Fakultas Kedokteran Gigi angkatan tahun 2015 dan Wahid Nurhayat dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam angkatan tahun 2017, berhasil meraih tiga medali emas. Tak hanya medali emas, keduanya juga mendapatkan 1 piala special award dari Pemerintah Rusia dengan membawa topik tentang inovasi pada pembuatan kanvas rem.


Kemenangan keduanya disambut hangat oleh Wakil Duta Besar RI di Rusia, Lasro Simbolon.
“Alhamdulillah, mahasiswa USU atas nama Wiwin dan Wahid berhasil mendapatkan 3 medali emas di Moskow,” ujar Profesor Rosmayati, Wakil Rektor I USU, yang secara khusus mengucapkan selamat atas keberhasilan keduanya, Sabtu (30/3/2019).


Dijelaskan Prof Rosmayanti, kegiatan yang dihelat dari tanggal 26 hingga 29 Maret 2019 tersebut bertujuan untuk menemukan inovasi baru dalam dunia industri yang potensial untuk dipatenkan dan dikembangkan secara komersial. Tahun lalu, kegiatan ini diikuti oleh para penemu dari 22 negara dan mampu menghadirkan sebanyak 1100 inovasi baru yang diklasifikasikan dalam 42 kelas yang berbeda.


Kegiatan ini sendiri merupakan kegiatan akbar yang didukung oleh beberapa kementerian di Pemerintahan Rusia dan menyedot perhatian para penemu dari berbagai belahan dunia. “Kemenangan dua mahasiswa USU ini tentu merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi USU, karena mereka mampu menang di kompetisi level internasional yang diikuti peserta dari berbagai negara,” ungkapnya. (psid)


BERITA TERKAIT