Prihatin Kondisi Jalan Warga Kota Malang Kumpulkan Koin Peduli Jalan Berlubang | Berita Terbaru Hari ini

Close

Prihatin Kondisi Jalan Warga Kota Malang Kumpulkan Koin Peduli Jalan Berlubang

  • 2019-03-21 penulis : Amanda Egatya
  • Editor :junaedi
  • dibaca :1014
Prihatin Kondisi Jalan Warga Kota Malang Kumpulkan Koin Peduli Jalan Berlubang Forum Warga Kota Malang Peduli Jalan Berlubang menggelar aksi turun jalan untuk menggalang koin dari masyarakat untuk menambal jalan berlubang.

MALANG -Kondisi jalan-jalan  di Kota Malang yang terakhir ini berubah menjadi banyak berlubang menjadi sorotan publik. Keprihatinan akan kondisi ini lataran bisa mengancam keselamatan pengguna jalan.

Terkait ikhwal itu, puluhan warga yang tergabung dalam Forum Warga Kota Malang Peduli Jalan Berlubang melakukan aksi di depan gedung DPRD Kota Malang, Kamis (21/3). 

Mereka membawa kardus bertuliskan 'Koin untuk Menambal Jalan'. Beberapa pengguna jalan pun langsung menyisihkan sebagian uangnya. 

Koordinator Lapangan Forum Warga Kota Malang Peduli Jalan Berlubang, Sudarno menyebutkan, aksi itu dilakukan sebagai bentuk keprihatinan terhadap kondisi banyaknya jalan berlubang yang sudah menimbulkan korban jiwa. 

Cara ini untuk menggugah kesadaran masyarakat turut peduli kepada pernasalahan jalan berlubang.

"Kami ingin mengetuk hati pemerintah agar tidak membiarkan permasalahan jalan berlubang ini berlarut-larut," kata Sudarno. 

Dicontohkan, di kawasan Jalan Galunggung cukup berbahaya bila terjadi hujan. Pasalnya, genangan air akan menutupi jalan yang berlubang dan itu membahayakan pengguna jalan. 

"Saat ini setidaknya ada 23 titik jalan berlubang di jalan besar," terang dia.

Dia menyadari uang yang didapatkan dari aksi yang dilakukan sejak Senin (18/3) tidak besar. Namun, diharapkan hal ini bisa membantu untuk perbaikan jalan. 

"Kami sadar koin yang dikumpulkan tidak mencapai ratusan juta, puluhan juta saja sudah alhamdulillah. Paling nggak lubang jalan di RT/RW bisa ditutup," kata dia. 

Hingga Kamis (21/3) siang, koin yang terkumpul mereka mencapai Rp 518.200. Nantinya, uang yang terkumpul akan diserahkan ke pihak terkait. "Misal dapat satu juta, mana yang harus ditambal terlebih dulu akan dikoordinasikan," pungkas Darno.

Sementara Wali Kota Malang Sutiaji yang sempat menyapa warga yang menggelar aksi. Ia menyebut gerakan koin untuk jalan berlubang itu positif. Karena setiap gerakan sosial selama diniatkan baik, maka tentu akan berjalan baik. 

Dia pun menyebut Pemkot tidak tinggal diam. Tapi dia meminta warga untuk bersabar karena penggunaan dana perbaikan jalan ada mekanismenya.

"Tentu yang


BERITA TERKAIT

close