Tebing Longsor, Jalan Desa Tertutup Total | Berita Terbaru Hari ini

Tebing Longsor, Jalan Desa Tertutup Total

  • 2019-02-12 penulis : Ira Ravika
  • Editor :junaedi
  • dibaca :3393
Tebing Longsor, Jalan Desa Tertutup Total Petugas yang sedang berjibaku membersihkan material longsor untuk membuka jalan Desa Dawuhana, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.(ira)

MALANG- Tebing setinggi sekitar 25 meter di Dusun Ngandeng, Desa Dawuhana, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang, longsor sesjak Senin (11/2) dini hari lalu.. Akibatnya, akses jalan desa ini putus.


Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang, Abdul Rochim, menyebutkan pihaknya sampai saat ini masih berjuang keras untuk membersihkan longsoran. Tidak bisa cepat pekerjaannya lantaran lokasi yang cukup berat.


"Senin pagi kami dan warga langsung memberihkan material longsor agar jalan segera bisa dilalui. Namun karena tinggingal material longsor yang menutup jalan sehingga sampai saat ini baru bisa dibersihkan sekitar 75 peren,'' paparnya, Selasa (12/2)


Disebutkan, material longsor itu tingginya mencapai 5 meter, dengan panjang 30 meter. Selama pembersihan jalan sala sekali tak bisa dilewati. Menurutnya, penyebab longsor ini dampak dari air hujan yang cukup tinggi.

"Hari Minggu lalu, hujan mengguyur sejak siang, dan baru berhenti Senin dinihari. Tanah di tebing ini tak dapat menampung air hujan, sehingga terjadi longsor," terang Rochim.

Dikatakan, pembersihan meterial longsor ini dilakukan ekstra cepat mengingat jalan yang tertutup longsor merupajan akses utama jalan desa. Jalan ini menghubungkan dua dusun di Desa Dawuhan, yaitu  Dusun Ngandeng dan Dusun Dawuhan.

"Karena jalur utama aksesnya tertutup, warga. Dusun Ngandeng pun harus memutar hingga 20 kilometer jika hendak beraktifitas," tambahnya. (ira/udi)


BERITA TERKAIT