Pengadaan PPPK Pemkab Malang Tidak Dibuka untuk Umum | Berita Terbaru Hari ini

Close

Pengadaan PPPK Pemkab Malang Tidak Dibuka untuk Umum

Pengadaan PPPK Pemkab Malang Tidak Dibuka untuk Umum HONORER: Pengadaan PPPK Pemkab Malang tidak dibuka untuk umum. Mereka yang mendaftar adalah eks tenaga honorer katagori II

MALANG – Pengadaan calon Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) diseriusi Pemkab Malang. Tahap pertama ini, mereka menyediakan slot kuota sebanyak 856 calon PPPK.

Hal ini diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Malang, Nurman Ramdansyah.
Nurman mengatakan, kuota 856 yang disediakan, masih didominasi untuk kebutuhan tenaga guru. Rinciannya, 760 orang untuk posisi guru, sedangkan sisanya yakni 14 orang untuk tenaga kesehatan dan 82 orang penyuluh pertanian.


“Kami masih banyak kekurangan pada tenaga guru,” tegasnya.
Dia mengatakan, berbeda dengan rekruitmen CPNS, pengadaan PPPK tidak dibuka untuk umum. Sebaliknya, mereka yang mendaftar adalah eks tenaga honorer katagori II dan tenaga penyuluh pertanian berdasarkan SK Menteri Pertanian.


“Tapi semuanya tetap harus memenuhi peryaratan. Terutama untuk kualifikasi pendidikan. Yang diterima adalah berpendidikan S1 dan masih aktif mengajar sampai saat ini,” ungkap mantan Kepala ULP Kabupaten Malang itu.


Sedangkan untuk tenaga kesehatan, kualifikasi pendidikan peserta yaitu minimal D-III Bidang Kesehatan.
“Sementara untuk penyuluh pertanian, kualifikasi pendidikan yang diterima minimal SMK bidang pertanian atau SLTA plus sertifikasi di bidang pertanian," ungkapnya.


Nurman menjelaskan, secara teknis pendaftaran PPPK melalui portal sscn.bkn.go.id. Ia menerangkan, pengadaan PPPK merupakan kewenangan pemerintah pusat. “Untuk tenaga honorer yang ingin mendaftar segera membuka portal tersebut,” ujar dia.


Harapannya, dari kuota 856 yang dibuka itu, semuanya dapat memenuhi. Sebenarnya, pemerintah pusat menyediakan kuota 1.130 posisi PPPK pada Pemkab Malang. Pria ini mengimbau kepada calon peserta untuk mempersiap diri secara maksimal.
Pelaksanaan tes pengadaan PPPK gelombang I ini menggunakan CAT-UNBK.
”Tapi apakah seleksinya menggunakan dua tahap atau satu tahap, kami masih menunggu instruksi dari pusat,” tegas dia.


PPPK merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi masalah tenaga honorer K2. Selain itu pengadaan PPPK ini sekaligus sebagai upaya pemerintah pusat untuk mengatasi kekurangan pegawai di masing-masing


BERITA TERKAIT